Unduh Aplikasi

Mantan Bupati Simeulue Resmi Ditahan

Mantan Bupati Simeulue Resmi Ditahan
Mantan Bupati Simeulue, Darmili ditahan penyidik Kejati Aceh. Foto: AJNN.Net/Tommy.

BANDA ACEH - Mantan Bupati Simeulue, Darmili resmi ditahan penyidik Kejaksaan Tinggi Aceh. Darmili ditahan atas dugaan korupsi pada Perusahaan Daerah Kabupaten Simeulue (PDKS) tahun 2002 - 2012.

Setelah melakukan tes kesehatan oleh tim dokter, dengan menggunakan baju tahanan Kejaksaan, Darmili keluar di ruang Pidana Khusus didampingi kuasa hukumnya dari Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) dan langsung dibawa ke mobil tahanan, Senin (29/7).

"Setelah beberapa jam melakukan pemeriksaan, Darmili resmi kami tahan," kata Aspidsus Kejati Aceh, Rahmadsyah.

Ia menyebutkan penahanan terhadap anggota DPRK Simeulue itu dilakukan 20 hari selama proses penyidikan, yang bersangkutan dititipkan di rumah Tahanan Negara (Rutan) Kajhu, Aceh Besar.

"Alasan penahanan tersangka adalah untuk mempercepat penyidikan sehingga kasus ini segera ke penuntutan," sebutnya.

Baca: Penuhi Panggilan Kejati Aceh, Darmili Diperiksa sebagai Tersangka

Dari hasil audit internal penyidik, kata Rahmadsyah, ada kerugian keuangan negara sebesar Rp 5 miliar. Kasus ini juga sempat terhambat dari hasil penghitungan kerugian negara dari auditor.

"Sampai saat ini memang belum ada hasil auditor soal kerugian negara. Namun, ada beberapa pasal yang tidak memerlukan adanya kerugian keuangan negara. Karena penyidik sudah yakin dengan bukti - bukti maka yang bersangkutan kami tahan," sebutnya.

Sementara, Kuasa Hukum Darmili, Muzakir menyebut pihaknya akan mengikuti proses hukum selama penyidikan. Selain itu juga pihaknya telah mengajukan penangguhan penahanan kliennya.

"Kami akan ikuti semua proses-proses hukum mulai dari penyidikan sampai ke Pengadilan," kata Muzakir.

Komentar

Loading...