Unduh Aplikasi

Mangkir Upacara Hari Pahlawan, Bupati Aceh Barat Potong TC PNS

Mangkir Upacara Hari Pahlawan, Bupati Aceh Barat Potong TC PNS
Bupati Aceh Barat, Ramli. Foto: Net

ACEH BARAT - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat akan memotong tunjangan khusus atau tc bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) serta Tenaga Harian Lepas (THL) apabila tidak mengikuti upacara memperingati hari pahlawan ke-74 tahun yang jatuh pada Minggu, 10 November.

Pemotongan tunjangan itu berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan dan diteken Bupati Aceh Barat, Ramli MS,bernomor 003.1/353/I/2019. Surat tersebut dikeluarkan 29 Oktober 2019 lalu.

Dalam surat tersebut, disebutkan besaran tc yang akan dipotong bagi ASN dan THL yang tidak mengikuti upacara yang akan dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Aceh Barat sebesar 25 persen dari jumlah tc yang diterima para ASN di ruang lingkup pemerintah kabupaten setempat.

Untuk memastikan kehadiran para pegawai atau staf masing-masing Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK), dalam surat tersebut para Kepala Sub Bagian kepegawaian masing-masing instasi melakukan pengawasan, dengan memberlakukan absen manual.

Absensi juga diperintahkan untuk dikumpulkan pada bupati dengan Casu Quo (Cq) kepada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) setempat.

Surat Bupati Aceh Barat terkait upacara hari pahlawan. Foto: Ist

Sementara itu, Juru Bicara Sekretaris Daerah (Setda) Kabupaten Aceh Barat, Amril Nuthihar, yang dikonfirmasi AJNN membenarkan adanya surat edaran tersebut.

"Benar, itu memang ada, dan itu kebijakan daerah yang merupakan inisiatif dari Bupati Aceh Barat. Kalau secara nasional kami tidak ada edaran untuk pemotongan tc bagi PNS yang tidak hadiri upacara," kata Amril kepada AJNN, Jumat (8/11).

Menurut Amril, kebijakan yang diambil Bupati Aceh Barat itu untuk meningkatkan kesadaran bagi ASN dalam mengenang jasa para pahlawan. Pasalnya tanpa pahlawan, maka tidak akan ada PNS saat ini.

Sebelum menggelar upacar, kata Amril, terlebih dahulu akan dilakukan upacara di Taman Makam Pahlawan (TMP) yang berada di Jalan, Pahlawan, Ujong Gampong, Desa Rundeng, Kecamatan Johan Pahlawan.

"Nanti sebelum di halaman kantor bupati, ada upacara juga jam 07.00 WIB pagi di TMP, tapi di TMP hanya diikuti sejumlah pejabat SKPK saja," ucap Amril.

Komentar

Loading...