Unduh Aplikasi

Manggarai Barat-Banda Aceh Saling Promosi Wisata

Manggarai Barat-Banda Aceh Saling Promosi Wisata
Foto: Ist

LABUAN BAJO - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman dan Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng melakukan pertemuan di Kantor Pemkab Manggarai Barat, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat 21 Mei 2021.

Kedatangan Aminullah dan rombongan di sana disambut secara adat, yakni dengan prosesi pemasangan topi Re’a dan selendang tenun khas Manggarai Barat oleh Wakil Bupati Yulianus.

Pada kesempatan itu, keduanya saling mempromosikan sektor pariwisata masing-masing daerah. Aminullah turut didampingi oleh Kadispar Iskandar dan pengusaha UMKM lokal T Dharul Bawadi. Sementara Yulianus, didampingi oleh Sekda, Kadispar, dan sejumlah pejabat pemkab setempat.

Wali Kota Aminullah mengatakan, walau sempat terdampak pandemi Covid-19, kini perlahan sektor pariwisata Banda Aceh mulai menggeliat.

“Dan kami harapkan terpilihnya Museum Tsunami Aceh sebagai Destinasi Wisata Unik Terpopuler API Award 2020, dapat menjadi momentum kebangkitannya.”

Selain wisata edukasi tsunami seperti museum tsunami, Banda Aceh pun banyak memiliki destinasi/objek wisata favorit.

“Mulai dari Masjid Raya Baiturrahman, Taman Putro Phang, Gunongan, Peucut Kherkof, Makam Sultan Iskandar Muda, makam ulama besar Tgk Syiah Kuala, hingga kuliner dan kopinya yang mendunia,” ujar Aminullah.

“Kalau kuliner Banda Aceh itu labelnya 3E: enak, enak sekali, dan enaak sekali. Kalau kopinya, salah satu yang termantap cita rasanya di dunia. Tagline ngopi di Banda Aceh; secangkir kopi sejuta rasa-sejuta cerita. Makanya warung kopi di Banda Aceh banyak sekali dan semuanya penuh pengunjung,” ujarnya lagi.

Ia pun mengundang Yulianus jajaran Pemkab Manggarai Barat untuk berkunjung ke Banda Aceh. “Kota kami paling aman se-Indonesia dan sudah mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat, karena tak pernah terjadi konflik sosial, walau kami menerapkan syariat Islam. Kota kami paling toleran dan kondisi itu sudah teruji selama ratusan tahun.”

Seperti diketahui, Wali Kota Aminullah Usman baru saja menerima Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020 yang berlangsung di Inaya Bay Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis malam.

Penghargaan ini diberikan setelah Museum Tsunami Aceh yang terletak di Banda Aceh berhasil meraih juara pertama dalam kategori Destinasi Wisata Unik Terpopuler API Award 2020.

Museum Tsunami Aceh berhasil unggul dari sejumlah destinasi unik lainnya, yakni Aek Natonang Samosir, Batu Tompak Tiga Anambas, Danau Dua Rasa Berau, Danau Gedang Bengkulu, Dusun Sri Pengantin Musi Rawas, Jajang Saribu Bukit Tinggi, Pasir Putih Aikima Jayawijaya, Sungai Tambosari Kolaka, dan Waterblow Penin Sula Bali.

HUT Pijay

Komentar

Loading...