Unduh Aplikasi

Mampu karena Mau

Mampu karena Mau
ilustrasi.

KELUARGA Muhammad Zubir kini hanya bisa berharap salah satu tulang punggung keluarga itu dipulangkan kembali ke kampung halaman, meski tak bernyawa lagi. Zubir, tenaga kerja Indonesia asal Gampong Babah Ie Lamno, Kecamatan Jaya, Aceh Jaya, meninggal dunia karena ditembak oleh orang yang sampai saat ini belum diketahui identitasnya.

Di Malaysia, Zubir bekerja di sebuah doorsmeer. Sesuai prosedur, peristiwa pembunuhan ini harusnya segera dilaporkan oleh pemilik tempat usaha kepada kepolisian setempat untuk segera diusut. Karena itu, perlu peran Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Malaysia memastikan agar kepolisian kerajaan Malaysia bekerja; mengungkap pelaku kejahatan tersebut.

Memastikan kematian tak wajar ini ke kepolisian setempat adalah hal penting. Dalam kasus pembunuhan, polisi harus melakukan otopsi untuk memastikan penyebab kematian dan sejumlah hal lain yang terkait dengan pengungkapan kasus pembunuhan. Semakin cepat dilakukan, akan semakin cepat pula proses pemulangan dilakukan. Hasil otopsi juga menjadi persyaratan utama untuk memperoleh klaim asuransi bagi korban dan ahli warisnya.

Mungkin di sini diperlukan peran Pemerintah Aceh. Dalam banyak kasus, tenaga kerja asal Aceh sering kali bekerja di Malaysia tanpa agen resmi. Padahal, untuk mengirim jenazah, diperlukan permohonan mengirimkan jenazah yang dikeluarkan oleh agensi resmi, paspor korban, dan paspor pengantar jenazah.

Sebelum mengirimkan jenazah, juga diperlukan sertifikat kematian dari rumah sakit, dan izin pengiriman dari pemerintah Malaysia. Agar kasus ini dapat diteruskan oleh polisi, juga diperlukan pengesahan hasil otopsi dari ahli waris serta laporan ke polisi tentang peristiwa pembunuhan ini.

Rentetan prosedur itulah yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Aceh. Dalam lima tahun terakhir, Pemerintah Aceh tidak kesulitan melakukan hal ini. Bahkan Pemerintah Aceh memulangkan tenaga kerja wanita yang dianiaya dan tak pernah dibayarkan gajinya oleh majikan selama bekerja di Malaysia. Ada banyak contoh lain yang menunjukkan bahwa pemerintahan ini punya kemampuan. Tentu kita tak berharap, pemerintah saat ini bermasalah dengan kemauan.

Komentar

Loading...