Unduh Aplikasi

Maling Jarah Kabel Optik Travo PLN di Pijay

Maling Jarah Kabel Optik Travo PLN di Pijay
Polisi bersama tim PLN melihat travo yang dijarah maling di Gampong Drien Tujoh. Foto: Ist

PIDIE JAYA - Kabel optik travo PLN yang berlokasi di Gampong Drien Tujoh, Kecamatan Bandar Dua, Pidie Jaya, dijarah maling. Akibat dari aksi maling pada Kamis (8/10) dini hari itu, arus listrik di Gampong Droen Tujoh padam.

Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Meureudu Mustafa, melalui Fereski kepada wartawan, Jumat (9/10) mengatakan, kabel optik travo PLN terletak pada travo titik koordinat 5.18189396.271104.

Berdasarkan kererangan warga yang melihat, sekitar jam 04.00 WIB, Kamis dini hari, satu unit mobil Avanza warna hitam parkir di sekitar travo PLN tersebut. Tidak lama kemudian, listrik di gampong tersebut padam.

“Pagi harinya, tim PLN mendapat laporan bahwa lampu di Gampong Drien Tujoh mati, pihak PLN meluncur ke TKP, ternyata kabel optik yang berada di travo telah dicuri maling,” kata Fereski.

Pencurian serupa di Pidie Jaya, lanjutnya, tahun ini telah terjadi dua kali, setelah sebelumnya, terjadi di Gampong Kiran Krueng, Kecamatan Jangka Buya, dengan kejadian yang sama.

"Pencurin kabel PLN di Pidie Jaya telah terjadi dua kali, setelah sebelumnya, yaitu bulan September di Gampong Kiran Krueng, Kecamatan Jangka Buya," jelasnya.

“Kami telah melaporkan kejadian ini ke Polsek Bandar Dua,” tambah Fereski.

Kapolsek Bandar Dua, Ipda Faisal menduga pencurian kabel optik tersebut dilakukan oleh maling profesional dalam bidang kelistrikan, dan memiliki peralatan listrik yang cukup. Pasalnya, pipa pembungkus kabel dipotong dengat sangat rapi.

Terkait siapa pelaku dan berapa jumlah kerugian PLN setelah kejadian tersebut, sambung Ipda Faisal, pihaknya masih melakukan penyelidikan.

"Pihak Polsek Bandar Dua bersama tim operasional dari PLN meninjau ke TKP, dan benar ada pemotongan pipa pembungkus kabel optik yang menghubung antara kabel telanjang dengan travo. Dari amatan kami di TKP, travo yang terkunci (digembok) oleh PLN dapat dibuka maling dengan rapi. Sebab setelah pintu dinding travo yang terkunci, dibuka maling dalam keadaan utuh dan tidak rusak, sementara kabel didalam dapat diambil dan pemotongan pipa pembungkus kabel juga dipotong dengan rapi, tidak rusak sama sekali,” ujar Faisal menjelaskan.

Komentar

Loading...