Unduh Aplikasi

Malas Pikir Urusan Parkir

Malas Pikir Urusan Parkir
Ilustrasi: palo alto

PEMERINTAH Kota Banda Aceh perlu segera membenahi sistem perparkiran. Terutama di kawasan-kawasan inti kota dan pusat-pusat perdagangan tradisional. Karena saat ini, kondisinya semakin semerawut. Padahal, jika dikelola dengan baik, akan banyak keuntungan yang didapat.

Keuntungan pertama tentu saja dirasakan oleh warga kota. Mereka tidak perlu lagi terjebak kemacetan hanya karena jalan menyempit. Bukan rahasia jika di beberapa titik di kawasan Peunayong, jalan menyempit akibat sisi kanan dan kiri jalan diubah menjadi tempat parkir.

Warga kota juga akan semakin nyaman berjalan di atas trotoar. Mereka tak perlu kesulitan melintasi karena trotoar, yang memang dibangun untuk para pejalan kaki, bebas dari kendaraan bermotor, terutama sepeda motor.

Keuntungan kedua dirasakan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh. Menata perparkiran akan dapat mendorong peningkatan pendapatan asli daerah. Semakin tertata perparkiran, akan semakin jelas uang masuk ke daerah alih-alih ke kantong “penguasa” parkir.

Namun sayang, pemerintah kota tak benar-benar menganggap penting sektor ini dalam mendongkrak pendapatan. Urusan tiket, misalnya, masih banyak petugas parkir yang ogah menyerahkan tiket sebagai bukti pembayaran. Padahal, dari sinilah terlihat seberapa besar uang yang seharusnya diterima daerah.

Pemerintah kota seperti gagap dalam memanfaatkan lahan-lahan kosong. Di Jalan Abu Lam U, di kawasan Balai Kota, kendaraan terparkir di dua sisi badan jalan. Pemandangan yang sama juga terlihat di kawasan Blang Padang. Padahal tak jauh dari lokasi itu, jika dikelola dengan serius, terdapat lahan kosong yang bisa dimanfaatkan sebagai lokasi parkir berbayar.

Pemerintah kota tak boleh menganggap remeh urusan parkir di bahu jalan. ada banyak sistem yang bisa diadopsi untuk mengubah amburadulkan urusan parkir di Banda Aceh. Keberadaan parkir liar dan berbayar di atas badan jalan jelas memicu kemacetan. Hal ini seharusnya tak terjadi jika pemerintah kota benar-benar bekerja untuk mewujudkan Banda Aceh yang nyaman.

Komentar

Loading...