Unduh Aplikasi

Mahasiswa Pertanyakan Keseriuasan Pemkab Nagan Raya Dalam Mengatasi Banjir

Mahasiswa Pertanyakan Keseriuasan Pemkab Nagan Raya Dalam Mengatasi Banjir
Banjir nagan raya, Foto : Antara
BANDA ACEH - Ketua Ikatan Pelajar Mahasiswa Nagan Raya (IPEMASRA) Banda Aceh, Munawar Akbal mempertanyakan keseriusan pemerintah dalam menangani musibah Banjir di Tripa Makmur, Kabupaten Nagan Raya

Munawar mengatakan, sudah sepekan warga Tripa Makmur menggalami musibah banjir akibat meluapnya sugai Tripa. Namun, sampai saat ini belum ada tindakan yang serius dilakukan pemeritah, baik ditingkat kecamatan maupun kabupaten.

Dirinya mengatakan, dampak dari genangan air tersebut bukan saja menengelamkan rumah warga dan menghambat aktifitas, tapi juga menyebapkan rusaknya lahan pertanian.

"Kami mahasiswa Nagan Raya meminta kepada Pemkab Nagan Raya untuk memikirkan dan mencari solusi jangka panjang, jangan hanya sebatas bantuan ketika banjir melanda," kata Munawar kepada AJNN, pada Minggu (25/10) di Banda Aceh.

Munawar menambahkan, solusi yang dimaksud dirinya bisa seperti membuat Tanggul, pengerukan sungai dan pelebaran sungai serta menghentikan aktifitas pembukaan lahan di Rawa Tripa. Menurutnya, bencana alam tidak terlepas dari ulah manusia yang melakukan penebangan hutan sembarangan.

"Kami meminta kepada pemerintah Aceh maupun SKPA terkait, untuk segera melakukan proses penanggulangan meninjau langsung ke lapangan karena mengingat kejadian ini sangat menganggu aktifitas sosial, ekonomi, masyarakat di kawasan itu," jelasnya.

Ipelmasra juga mengharapkan kepada DPRA maupun DPRK Nagan Raya untuk melakukan sub koordinasi dengan fungsi pengawasan agar mendorong pemerintah Aceh maupun pemerintah Nagan Raya untuk segera menindaklanjuti ancaman banjir yang semakin meluap ke daratan daerah penduduk masyarakat di kawasan Tripa,

"Semoga banjir seperti ini tidak terjadi lagi di waktu-waktu yang akann datang," harapnya.

|HENDRA KA

Komentar

Loading...