Unduh Aplikasi

Mahasiswa Pascasarjana Aceh di Malang Luncurkan Aceh Studies

Mahasiswa Pascasarjana Aceh di Malang Luncurkan Aceh Studies
Ketua Forkamapa, Khairul Azmi. Foto: Ist

MALANG - Forum Kajian Mahasiswa Pascasarjana Aceh-Malang (Forkamapa) meluncurkan Aceh Studies di Aula Asrama Aceh Putra, Malang, Minggu, 1 Oktober 2017.

Peresmian itu dirangkai dengan diskusi publik yang bertema “Aceh Sebagai Lokomotif Pendidikan di Asia Tenggara” bersama pemateri Dosen UIN Sumatera Utara  Fridiyanto, dan Pembina Forkamapa Dr Dhianuddin 

Penasihat Keluarga Tanah Rencong di Malang, Riza Pahlevi dalam sambutannya mengatakan bahwa masyarakat Aceh di Malang menyambut baik dengan kehadiran kajian Forkamapa dan peresmian Aceh Studies.

“Harapan kami semoga melalui forum ini melahirkan pemikir-pemikir Aceh yang progresif dan produktif bagi bangsa Indonesia secara umum dan khususnya Aceh,” kata Riza.

Dewan Pembina Forkamapa, Syamsul Bahri, menjelaskan bahwa masyarakat Aceh sekarang ini sudah mulai melupakan sejarah Aceh. Ia juga menjelaskan betapa pentingya berorganisasi. Pasalnya melalui organisasi mahasiswa akan bisa belajar dan berkembang dengan cepat.

“Apa lagi Forkamapa telah meresmikan Aceh Studies yang di dalamnya banyak membahas dan mengkaji tentang khazanah ke-Aceh-an. Ini merupakan kesempatan emas bagi mahasiswa pascasarjana dan juga seluruh pemuda, pelajar Aceh-Malang,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Forkamapa, Khairul Azmi mengungkapkan banyak masyarakat Aceh sekarang ini tidak tahu lagi akan sejarah bangsanya.

“Wajib bagi rakyat Aceh mengetahui sejarah sebagaimana kita mengetahui Islam. Pelajari agamamu dan pelajari sejarahmu maka kamu akan tau jati dirimu,” katanya.

Untuk diketahui, Forkamapa merupakan himpunan yang berorientasi pada kajian dan diskusi ilmiah tentang berbagai problematika yang berkembang akhir-akhir ini. Forkamapa juga merupakan forum pengkaderan mahasiswa/i S2 dan S3 yang sedang melanjutkan studinya di luar Aceh khususnya di Kota Malang.

Komentar

Loading...