Unduh Aplikasi

Mahasiswa Desak Pengganti Sulaiman Abda Segera Dilantik

Mahasiswa Desak Pengganti Sulaiman Abda Segera Dilantik

BANDA ACEH - Puluhan pengujuk rasa dari Aliansi Mahasiswa Peduli Demokrasi (AMPD) mendesak Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) segera melantik Muhammad Saleh sebagai Wakil Ketua DPRA menggantikan Sulaiman Abda, Rabu (9/11).

Koordinator aksi, Saidi Hasan dalam orasi menyampaikan, Plt Gubernur Aceh harus segera mendesak Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk dapat mengeluarkan Surat Keputusan (SK) pergantian Sulaiman Abda dengan M Saleh selaku wakil ketua baru. Dan mereka juga mendesak Ketua DPRA secepatnya melaksanakan pelantikan atas pergantian tersebut.

"Pimpinan DPRA harus konsisten menjalankan amar putusan dewan atas hasil paripurna yang sudah dilakukan dua kali tentang pergantian wakil ketua," teriak Saidi Hasan.

Selain itu, para mahasiswa itu juga meminta ketua DPRA menghentikan anggaran yang dipakai Sulaiman Abda sebagai waki ketua DPRA, serta mengembalikan dana terpakai selama 11 bulan tersebut.

Saidi juga meminta, pimpinan DPRA secara langsung harus melakukan musyawarah dengan plt Gubernur dalam percepatan pengeluaran SK pergantian oleh Mendagri. Serta harus secepat mungkin melantik M Saleh sebagai wakil DPRA sesuai dengan amar putusan dewan.

"Jika tuntunan kami tidak dilaksanakan maka DPRA beserta pejabat eksekutif Aceh telah mencoreng legal formal di Aceh dan DPRA tidak mematuhi aturan yang mereka buat, dan DPRA telah mencoreng martabatnya sendiri," pungkasnya.

Aksi tersebut berlangsung sejak pukul 10.00 WIB, dimulai dari kantor Gubernur Aceh dan dilanjutkan ke gedung DPRA, disana para demonstran dijumpai Wakil Ketua DPRA Teuku Irwan Djohan.

Komentar

Loading...