Unduh Aplikasi

Mahasiswa Desak Komnas HAM Usut Tuntas Kasus Pelanggaran HAM Tragedi Ara Kundo

Mahasiswa Desak Komnas HAM Usut Tuntas Kasus Pelanggaran HAM Tragedi Ara Kundo
Aksi mahasiswa di depan Taman Riyadah Lhokseumawe. Foto: AJNN/Sarina

LHOKSEUMAWE – Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Daulat Rakyat Aceh untuk Arakundo melakukan aksi damai di depan Taman Riyadah, Kota Lhokseumawe.

Dalam aksi itu mereka mendesak Komnas HAM segera mengusut tuntas kasus pelanggaran HAM Tragedi Arakundo dan seluruh pelanggaran yang berat terjadi masa lalu di Aceh.

“Negara harus membuka kotak pandora untuk mengungkapkan siapa pelaku dari serangkaian peristiwa itu,” kata penanggungjawab Aksi, Ikram kepada AJNN, Senin (3/2).

Sambung Ikram, pihaknya juga menuntut DPR Republik Indonesia untuk melakukan revisi UUD nomor 26 tahun 2000 tentang Pengadilan HAM, khususnya yang berkaitan dengan pengadilan HAM.

“Meminta Pemerintah Aceh untuk bertanggungjawab dalam pemenuhan hak korban konflik dan lebih serius memberikan kewenangan kepada Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi Aceh agar dapat bekerja maksimal sesuai dengan tupoksinya,” ujarnya.

Pihaknya juga meminta Pemerintah Aceh dan pihak-pihak terkait untuk membangun Museum Konflik Aceh sebagai tempat memorialisasi dan ruang ingatan terkait konflik dan kasus pelanggaran HAM masa lalu di Aceh.

 

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...