Unduh Aplikasi

Mahasiswa Aceh tuntut pemerintah pusat tuntaskan UUPA

BANDA ACEH- Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Forum Paguyuban Mahasiswa dan Pemuda Aceh (FPMPA) menggelar aksi di depan Dewan Perwakilan Aceh( DPRA ), mereka menuntut pemerintah pusat segera menuntaskan turunan UUPA, Rabu ( 29/11 ) kemarin.

Dalam aksi itu, mahasiswa mengancam akan melakukan aksi yang lebih besar dengan mengarahkan massa yang lebih banyak jika tuntutan mereka tidak diwujudkan, hal tersebut di sampaikan Delky Norizal koordinator lapangan disela-sela menyampaikan orasinya.

“ Jika dalam waktu dekat pemerintah tidak merespon aspirasi kami akan melakukan konsolidasi dengan seluruh masyarakat untuk kembali menuntut referendum," ungkapnya.

Mereka juga menilai parlemen Aceh, DPD, dan DPR RI yang sudah duduk di Senayan terlalu lemah dalam memperjuangkan aspirasi Aceh di pusat, hingga saat ini masyarakat Aceh masih menunggu turunan UUPA .

" Kami meminta pertanggungjawaban dari DPR RI dan DPD atau Forbes Aceh selaku wakil rakyat Aceh di Jakarta," kata koordinator aksi, Delky Novrizal.

Selain itu, mahasiswa juga untut agar ada ke kejelasan PP tentang pengelolaan Migas Aceh atau pengelolaan bersama minyak dan gas, 70:30 di Aceh, serta menuntut kejelasan PP Kewenangan Aceh yang bersifat nasional, dan Perpres tentang pertanahan atau pengalihan Kantor BPN di Aceh. 

"Kami memberikan waktu kepada Pemerintah Jokowi dan Jusuf Kalla agar secepatnya memperjelas tuntutan tersebut hingga 1 Febuari 2015 mendatang," tuturnya

HENDRA KA 

Komentar

Loading...