Unduh Aplikasi

MA Tolak Kasasi Jaksa, Mantan Wali Kota Sabang Tetap Bebas

MA Tolak Kasasi Jaksa, Mantan Wali Kota Sabang Tetap Bebas
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi yang diajukan Kejaksaan Tinggi Aceh dalam perkara korupsi pengadaan tanah perumahan guru dengan terdakwa mantan Wali Kota Sabang, Zulkifli H Adam.

Penolakan kasasi oleh MA itu menguatkan putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Banda Aceh yang menyatakan Zulkifi H Adam tidak bersalah.

"Putusan Mahkamah Agung dengan perkara nomor 2537 K/PID.SUS/2020 telah menolak Kasasi Kejaksaan Tinggi Aceh Jo Kejaksan Negeri Sabang. Artinya klien kami tidak terbukti secara sah bersalah melakukan tindak pidana korupsi seperti dakwaan dan tuntutan penuntut umum," kata penasihat hukum terdakwa, Zulkifli, SH, Selasa (15/9).

Baca: Divonis Bebas, Mantan Wali Kota Sabang Zulkifli H Adam Sujud Syukur

Atas putusan MA itu, kata Zulkifli, pihak meminta Kejaksaan Tinggi Aceh untuk mengembalikan sertifikat hak milik terdakwa yang sebelumnya disita oleh jaksa.

"Dua sertifikat milik terdakwa itu ada nilainya Rp1 miliar lebih disita oleh jaksa untuk menutupi kerugian negara dalam perkara itu. Kami minta agar dapat dikembalikan setelah jaksa menerima putusan itu," sebut Zulkifli.

Sebelumnya, JPU mengajukan banding atas vonis bebas mantan Zulkifli H Adam. Dalam memori kasasi itu meminta hakim Mahkamah Agung untuk membatalkan putusan Pengadilan Tipikor Banda Aceh serta menghukum Zulkifli H Adam sesuai tuntuntan yang menyatakan mantan walikota Sabang itu terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi atas pengadaan tanah pembangunan perumahan guru di Sabang.

Komentar

Loading...