Unduh Aplikasi

Kasasi Ditolak, Darmili Tetap Jalani Hukuman 4,6 Tahun Penjara

Kasasi Ditolak, Darmili Tetap Jalani Hukuman 4,6 Tahun Penjara
Putusan kasasi Mahkamah Agung terhadap mantan Bupati Simeulue Darmili. Foto: Dok AJNN

BANDA ACEH - Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi yang diajukan mantan Bupati Simeulue, Darmili, terdakwa korupsi penyertaan modal pada Perusahaan Daerah Kabupaten Simeulue (PDKS).

Melalui web resmi sistem informasi Pengadilan Negeri Banda Aceh pada nomor putusan 1979 K/PID.SUS/2020, Jumat 10 Juli 2020. Majelis hakim Mahkamah Agung yang diketuai Dr.Suhandi, SH, MH didampingi dua hakim anggota Syamsul Rakan Chaniago, Agus Yunianto menyatakan menolak permohonan kasasi dari pemohon terdakwa Darmili bin Iskandar.

Penuntut umum, Umar Assegaf dari Kejaksaan Tinggi Aceh menyatakan pihaknya belum menerima salinan putusan kasasi secara resmi. Namun, berdasarkan informasi pihaknya telah mendapatkan pemberitahuan bahwa MA telah menolak kasasi terdakwa.

"Kasasi Darmili sudah diputuskan di MA, dalam amar putusannya menolak, tapi kami belum menerima salinan putusan itu," kata Umar, Sabtu (24/10).

Dalam perkara ini, Umar mengatakan pihaknya belum bisa melakukan eksekusi pelaksanaan putusan jika belum menerima salinan putusan itu.

"Kalau salinan putusannya sudah ada, kita akan koordinasi dengan Kejari Simeulue untuk pelaksanaan eksekusi putusan Mahkamah Agung," sebut Umar Assegaf.

Baca: Pengadilan Tinggi Kuatkan Vonis Terhadap Darmili

Diketahui, majelis hakim Pengadilan Tipikor Banda Aceh menghukum mantan Bupati Simeulue Darmili empat tahun enam bulan penjara dalam kasus korupsi penyertaan modal PDKS sehingga menimbulkan kerugian negara sebesar Rp595 juta.

Selain kurungan badan, terdakwa juga dijatuhi pidana denda Rp200 juta subsider tiga bulan penjara. Hakim juga menjatuhkan hukuman tambahan berupa membayar uang pengganti sebesar kerugian negara yang ditimbulkannya.

Jumlah tersebut selambat lambatnya harus dibayarkan ke negara satu bulan setelah putusan pengadilan memperoleh kekuatan hukum tetap. Jika tidak dibayarkan maka harta benda akan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut.

Keberatan dengan putusan pengadilan tingkat pertama, terdakwa Darmili mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Banda Aceh. Majelis hakim yang diketuai Aswijon SH, MH dan hakim anggota Saryana SH, MH dan Sudirman, SH, MH dalam amar putusannya menguatkan vonis empat tahun enam bulan penjara terhadap mantan Bupati Simeulue itu.

Selain itu, hakim juga memerintahkan agar terdakwa tetap ditahan dan menetapkan masa penahanan yang telah dijalani terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan.

Komentar

Loading...