Unduh Aplikasi

MA Kabulkan Kasasi Saifannur

MA Kabulkan Kasasi Saifannur

BANDA ACEH - Mahkamah Agung mengabulkan kasasi pasangan bakal calon Bupati Bireuen, Saifannur– Muzakkar A Gani dan membatalkan putusan PT TUN Medan.

Dalam putusan bernomor 566/K/TUN/Pilkada/2016, Mahkamah Agung memerintahkan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Bireuen mencabut surat putusan Nomor 66/Kpts/KIP-Bireuen/X/2016 tanggal 24 Oktober 2016 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Menjadi Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bireuen 2017.

Pada poin berikutnya, MA memerintahkan KIP Bireuen menerbitkan surat keputusan baru dengan mencantumkan nama Saifannur sebagai Calon Bupati dan Muzakkar A.Gani sebagai Calon Wakil Bupati dalam Pilkada Bireuen Tahun 2017.

Baca: Calon Bupati Bireun Saifannur Tak Lulus Tes Kesehatan

Sebelumnya, Saifannur dinyatakan gugur sebagai calon Bupati Bireuen karena tak lulus tes kesehatan. Tak terima dengan keputusan tersebut Saifan melayangkan gugatan ke Panwaslih setempat, namun ditolak.

Lalu Saifannur mengajukan gugatan terhadap KIP Bireuen ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) Medan, tapi gugatannya juga ditolak.

Tak berhenti di situ, Sanfannur lantas mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung dan hasilnya berbuah manis, MA mengabulkan gugatan pasangan yang diusung Partai Golkar, NasDem, Partai Daulat Aceh (PDA), dan Partai Demokrat itu.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...