Unduh Aplikasi

Lukisan Tolak Tambang Emas akan Digotong Berjalan Kaki

Lukisan Tolak Tambang Emas akan Digotong Berjalan Kaki
Foto: Ist

ACEH TENGAH - Lukisan yang akhirnya dijuduli Emasku di Bunga Kopi mengakhiri ‘masa tayang’ di sisi Utara Tugu Aman Dimot. Polesan kuas di atas kanvas 3x4 meter terpaksa menghilang dari tempatnya terpajang. Pasalnya, izin dari Kepolisian Resort Aceh Tengah berakhir 1 Oktober 2019, tepat di Hari Kesaktian Pancasila.

"Kami rencanakan Lukisan Tolak Tambang Emas akan digotong berjalan kaki, bersama teman-teman Forum Gayo Bersatu (FORGAB)" kata Zikra

Selama ini keberadaaan karya guratan gelisah Zikra Irantoni sukses menarik perhatian masyarakat pengguna jalan, aktivis lingkungan dan setiap orang yang bersimpati atas wacananya. Reaksinya beragam, mulai dari bertanya, meminta selfie, memeluk bahkan menangis di hadapan karyanya.

Polemik rencana penambangan emas di Aceh Tengah mendorong Zikra mengungkapkan panggilan jiwa sebagai perupa. Putra Gayo kelahiran 29 Desember 1992 tersebut menuangkan sikap penolakan tambang di tanah kelahirannya sejak 13-17 September 2019 silam. Alumnus Universitas Negeri Medan (UNIMED) itu berencana memindahkan karyanya ke lokasi yang belum ditentukan pada pukul 17:00 WIB hari ini.

Meski menuai simpati dari beragam kalangan, saat ini Zikra tengah mengalami kebimbangan karena lukisan sebesar itu tidak muat jika harus disimpan di rumahnya di Kampung Pasar Pagi Lama, Lut Tawar, Aceh Tengah.

Pengagum Basuki Abdullah ini sudah mulai melukis sejak berusia 5 tahun. Melihat bakatnya, keluarga mendukung penuh dengan merestuinya menempuh pendidikan seni rupa di Sumatera Utara sejak 2011 hingga 2017.

Ketika mengungkapkan rencana aksi kepada kedua orangtuanya, sang Ayah berkata, “Kalau memang itu jadi beban di pikiranmu, luapkanlah. karena kau putra daerah!” Sementara sang Mama diam, entah karena khawatir atau setuju.

Saat ditanya, apa bagian paling ganjil dari proses karya kritisnya, ia menjawab, “Aku nggak mandi karena memikirkan konsepnya,” katanya.

Komentar

Loading...