Unduh Aplikasi

LSM: Sudah Selayaknya Aceh Jaya Punya Qanun Perlindungan Perempuan dan Anak

LSM: Sudah Selayaknya Aceh Jaya Punya Qanun Perlindungan Perempuan dan Anak
Foto: Ist

ACEH JAYA - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kita Peduli menilai Kabupaten Aceh Jaya sudah selayaknya memiliki Qanun tentang Perlindungan Perempuan dan Anak, mengingat kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan masih tinggi di kabupaten setempat.

"Kita apresiasi dan memberi dukungan penuh kepada DPRK dan Pemkab Aceh Jaya yang sudah mengesahkan Qanun Aceh Jaya tahun 2021 tentang Perlindungan Perempuan dan Anak," kata Ketua LSM Kita Peduli, Abdo Rani kepada AJNN, Selasa (6/4) di Calang.

Katanya, berdasarkan data dari Makamah Syariah Calang, sebanyak 119 kasus perceraian terjadi di Kabupaten Aceh Jaya dalam kurun waktu Januari hingga November 2020. 

"Faktornya itu, ada juga karena ditinggal dalam waktu yang lama, serta Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT)," terangnya.

Selain itu, awal tahun 2021, Aceh Jaya juga dikejutkan dengan kasus kekerasan atau seksual terhadap anak serta insiden pembunuhan bayi yang dilakukan oleh keluarga dekatnya.

"Kita menginginkan di Aceh Jaya semua pihak bisa menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan terhadap anak," pintaya.

Sementara itu, tahun lalu praktik prostitusi online atau daring yang diungkap oleh pihak kepolisian di kabupaten Aceh Jaya juga melibatkan anak di bawah umur. 

"Dengan mengesahkan Qanun tentang Perlindungan Perempuan dan Anak dalam rapat Paripurna ke - XIV DPRK kabupaten Aceh Jaya tahun 2021 kemarin, kita berharap bisa memberi dampak positif bagi generasi Aceh Jaya khususnya perempuan dan anak," ucap Abdo.

"Kita berharap Qanun tersebut betul-betul diterapkan dan di jalankan sesuai dengan ketentuan yang tertuang di dalamnya," 

Apalagi kata dia, penyelenggaraan perlindungan perempuan dan anak juga tertuang dalam visi dan misi rencana pembangunan jangka menengah Kabupaten Aceh Jaya sudah pasti ini inti dari pembangunan yang nyata bagi generasi dan penerus bangsa.

Komentar

Loading...