Unduh Aplikasi

Lima Tahun Mengaji dalam Gelap, Balai Pengajian Darul Quran Akhirnya Dialiri Listrik

Lima Tahun Mengaji dalam Gelap, Balai Pengajian Darul Quran Akhirnya Dialiri Listrik
Serah terima secara simbolis di Balai Pengajian. Foto: AJNN/Sarina

ACEH UTARA – Balai Pengajian Darul Quran di pedalaman Kabupaten Aceh Utara, tepatnya Gampong Ceumeucat, Kecamatan Kutamakmur akhirnya dialiri listrik. Bantuan sosial itu diberikan langsung oleh PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3)  Lhokseumawe.

Pimpinan balai pengajian, Teungku Taharuddin, tidak lagi melewati kegelapan malam yang hanya dibekali dengan lampu senter untuk mengajarkan santri dalam belajar Qori dan Hafiz.

Baca: Mengaji dalam Gelap

Untuk menyambungkan listrik ke lokasi Balai Pengajian Darul Quran itu, PLN UP3 Lhokseumawe memasang enam tiang, dengan tarif sosial. Perkiraan menghabiskan dana lebih kurang Rp 40 juta.

Listrik tersebut mulai bisa digunakan oleh Teungku Taharuddin sejak Kamis (17/12) malam, dan hari ini diserahterimakan langsung secara simbolis.

Namun sayangnya, jalan menuju ke kediaman itu sangat mencuri perhatian, ketika hujan berlumpur, dan membutuhkan kepedulian dari pemerintah.

Manajer UP3 Lhokseumawe Heru Eriady melalui Manajer Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan, Muhammad Zulfitri mengatakan, disaat PLN secara nasional sudah mengaliri listrik seratus persen, namun di Aceh Utara masih ada tempat yang belum tersentuh.

“Kemarin kami sudah realisasikan total investasi sekitar Rp40 juta, semoga bermanfaat bagi santri dan pimpinan balai pengajian dalam melancarkan mengajar dan mendidik mereka, hingga menciptakan bibit unggul ke masa mendatang,” ujarnya kepada AJNN.

Sementara itu, Manage ULP Lhokseumawe, Pondes mengatakan, listrik yang dipasang tersebut enam amper dari tarif sosial. Dari awal pihaknya sudah meluaskan jaringan dan ditindak lanjut ke balai pengajian ini.

Sementara itu, Ketua DPRK Aceh Utara, Arafat mengucapkan terimakasih kepada pihak PLN yang sudah luar biasa berkontribusi kepada warga Aceh Utara, dan menjadi hal yang luar biasa.

“Karena jika dilihat secara kasat mata tidak mungkin teraliri listrik, tapi dengan bantuan dari PLN sudah nyata dilihat bersama sudah ada meteran dan jaringan listrik,” kata Arafat didampingi Kapolsek Kutamakmur, Iptu Ibnu Sakdan.

Pimpinan Balai Pengajian, Teungku Taharuddin mengucapkan terimakasih dan bersyukur karena sudah dibantu untuk pemasangan listrik, dirinya mengaku hanya Allah yang bisa membalas semua kebaikan itu.

“Mudah-mudahan bapak-bapak ini menjadi pemimpin yang amanah,” imbuh Teungku Taha.

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...