Unduh Aplikasi

Lima Sekolah di Lhokseumawe Terima Penghargaan Adi Winata dari BLHK

Lima Sekolah di Lhokseumawe Terima Penghargaan Adi Winata dari BLHK
ilustrasi.

LHOKSEUMAWE - Dalam menciptakan sekolah-sekolah bersih bebas sampah, Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan (BLHK) Lhokseumawe menempatkan lima unit bank sampah di sejumlah sekolah untuk kategori Adi Winata.

Adapun masing-masing sekolah yang mendapatkan bank sampah adalah SD 12 Mon Geudong, SMK 2 Lhokseumawe, SMP 6 Rancong Kecamatan Muara Satu, SMP 11 Peunteut Kecamatan Blang Mangat serta SMA 5 Lhokseumawe.

Kelima sekolah tersebut berhasil memperolehpenghargaan icon adi winata karena dinilai memiliki komitmen lebih dalam menjaga lingkungan sekolah. “Mereka juga memilah-milah sampah saat dibuang,” kata Kepala Kantor ( BLHK ) Lhokseumawe Zulkifli seperti dikutip Kabid Kebersihan Marsidan, Selasa (6/12).

Marsidan menambahkan, kegiatan tersebut merupakan program pemerintah pusat yang menyerap anggaran DAK tahun 2016 untuk pengadaan lima unit bank sampah yang pembuatannya harus dirakit dengan desain khusus.

"Dalam waktu dekat ini, bank sampah ini akan diantarkan ke sekolah penerima penghargaan Adi Winata,” kata Marsidan.

Bank sampah ini akan mengajak anak murid untuk memilah sampah sebelum membuangnya. Bank sampah itu terdiri dari tiga kotak berbeda yaitu, sampah organik, sampah jenis B3 Domestik dan sampah anorganik.

Nantinya keberadaan bank sampah ini di setiap sekolah Adi Winata akan membiasakan pelajar mengenali jenis sampah dan memanfaatkan sampah daur ulang menjadi barang ekonomis.

Marsidan berharap melalui pengetahuan yang sudah kita berikan kepada pelajar yang merupakan calon generasi pemimpin di masa mendatang bisa membuat masyarakat menjadi pintar dan bisa memilah serta memanfaatkan sampah.

Komentar

Loading...