Unduh Aplikasi

Lima Ribuan Warga Aceh Tenggara Dengarkan Orasi Politik Nasaruddin

Lima Ribuan Warga Aceh Tenggara Dengarkan Orasi Politik Nasaruddin

ACEH TENGGARA - Setidaknya lima ribuan warga Gayo dan Alas di Kabupaten Aceh Tenggara memadati lapangan Kilang Padi Sumber Rezeki, Desa Kuning Kecamatan Bambel, Kutacane, Sabtu 19/11/2016 malam untuk mendengarkan orasi politik Calon Wakil Gubernur Aceh nomor urut 4, Nasaruddin.

Warga yang hadir pada malam silaturrahmi tersebut tampak sangat antusias berasal dari seluruh kecamatan di Kabupaten Aceh Tenggara terutama warga 76 desa yang dominan bersuku Gayo.

Nasaruddin pun menyampaikan orasi politik dengan berapi-api memotivasi semangat warga serumpun Gayo yang tampak bersukacita.

Nasaruddin menyebutkan perkiraan warga Gayo, Alas serta Singkil saat ini sebesar 20 persen yang tersebar di seluruh Aceh terutama di Kabupaten wilayah tengah Aceh, Aceh Tamiang, Aceh Timur, Aceh Utara, Banda Aceh, Aceh Besar dan Abdya.

"Ini adalah kekuatan besar yang perlu dipadukan demi pembangunan masa depan Aceh. Peluang ini tergantung kepada kita semua apakah mau eksis dengan potensi yang besar tersebut atau hanya menjadi pelengkap saja karena tidak bersatu, sejarah akan menjatat jawaban ini," ucap Nasaruddin.

Menurut Nasaruddin dari 22 Gubernur Aceh terdahulu belum ada satupun yang terikat budaya atau berasal dari wilayah tengah Aceh.

Adalah Gubernur Aceh non aktif Zaini Abdullah yang telah memberi kesempatan dan penghargaan untuk mengajak tokoh wilayah tengah Aceh, yaitu Bupati Aceh Tengah non aktif, Nasaruddin untuk berkompetisi pada Pilkada Aceh 2017.

"Kesempatan ini jangan kita sia-siakan, mari satukan gerak dan langkah untuk memilih nomor 4 pada Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh pada 15 Februari 2017 nanti," tegas Nasaruddin.

Sebaliknya Nasaruddin mengatakan agar jangan menyalahkan siapa-siapa ketika kesempatan Pilkada kedepan tidak dapat dimanfaatkan dengan baik.

"Sejarah sedang menunggu kita, apakah kita mampu bersatu atau terpecah hanya karena sesuatu yang sifatnya pribadi dan sementara," demikian Nasaruddin menutup orasi politiknya.

Silaturrahmi masyarakat malam itu turut dihadiri oleh seluruh elemen masyarakat Gayo dan juga warga Alas yang juga memberikan dukungan untuk calon Bupati Aceh Tenggara nomor urut satu, Raidin Pinem (Rabu).

Warga juga dihibur dengan beberapa seni daerah Gayo, mulai dari Saman, bines, seniman Abadi Ayus, Sakdiah dan pelawak lokal Aman Jul serta Pak Dusun hingga Didong Jalu yang mempertemukan klub Arita asal Kabupaten Bener Meriah dengan klub Sidang Temas asal Kabupaten Aceh Tengah.

Komentar

Loading...