Unduh Aplikasi

Lima Arah Prioritas Pembangunan di Abdya

Lima Arah Prioritas Pembangunan di Abdya
ACEH BARAT DAYA - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten (RKPK) Aceh Barat Daya (Abdya) tahun 2017, yang direncanakan berlangsung sejak Selasa hingga Rabu (23/3) bermuara pada beberapa perioritas pembangunan.

"Perlu kami sampaikan bahwa, pada tahun 2017, prioritas pembangunan Abdya sesuai dengan visi dan misi bupati dan wakil bupati dengan mengambil tema, peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan dan pengembangan prasarana dan sarana publik serta pemanfaatan peluang investasi,”ungkap Sekda Abdya Drs Ramli Bahar yang mewakili Bupati Jufri Hasanuddin kemarin.

Perioritas dimaksud yaitu, kata Sekda, meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan dan pengembangan prasarana dan sarana publik, peningkatan nilai tambah produksi barang dan jasa, pemanfaatan peluang investasi, peningkatan kualitas pelayanan publik, dan peningkatan nilai-nilai Syariat Islam.

Hal itu sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, bahwa sudah menjadi kewajiban bagi setiap daerah untuk menyusun dan menentukan kerangka pembangunan dengan cara melaksanakan Musrenbang.

Dengan tujuan, untuk menyusun serta menentukan kerangka pembangunan agar lebih terarah dan terfokus, serta harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan dalam mendukung kegiatan pembangunan, maka diperlukan informasi mengenai kondisi, potensi dan sumber daya yang ada serta situasi yang berkembang pada saat ini.

"Maka dari itu, sesuai dengan amanat undang-undang dimaksud, kami dituntut bertanggung jawab besar agar mampu mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat arus bawah berdasarkan aspirasi masyarakat,” tutur Sekda Ramli.

Untuk itu, tambahnya, diharapkan kepada seluruh SKPK, agar dalam Musrenbang RKPK tahun 2017 ini, dapat mengusulkan program dan kegiatan prioritas yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh dengan tetap mengacu kepada kondisi pendapatan dan keuangan daerah.

"Kami berharap, semoga hasil Musrenbang RKPK Abdya tahun 2017, akan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya terhadap peningkatan kesejahteraan seluruh komponen masyarakat Abdya khsusnya,” demikian papar Sekda Ramli dalam amanat bupati.

Selesai menyampaikan amanat Bupati, Sekda Ramli Bahar meminta kepada Bappeda Abdya agar memberi peluang kepada sejumlah SKPK untuk menyesuaikan kembali persoalan perencanaan yang kemungkinan akan dirubah. “Silahkan perbaiki jika ada kekeliruan,” kata Sekda dalam acara yang turut dihadiri unsur Forkompinkab Abdya, Ketua DPRK Abdya Zulkifli Isa, para anggota DPRK dan para kepala SKPK pada pembukaan Musrenbang yang akan berlansung selama dua hari itu.

Komentar

Loading...