Unduh Aplikasi

Lihat banjir setinggi genteng rumah, Jokowi terdiam

SAAT memantau lokasi banjir di RT 05 RW 05, Kelurahan Balekambang, Kecamatan Kramatjati, Jakarta Timur, Sabtu (18/1/2014), Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sempat terdiam beberapa detik melihat kondisi banjir setinggi genteng rumah warga.

Pria yang akrab disapa Jokowi ini lalu dihampiri warga yang berniat menjelaskan kondisi banjir yang telah merendam rumah warga sejak hari Senin lalu.

"Banjirnya itu karena kondisi kampung di sini diputerin sama kali, Pak. Jadinya begini," kata Arman, seorang warga yang rumahnya terendam air.

Belum puas mendengarkan penjelasan Arman, Jokowi pun menghampiri warga lain. Ia menanyakan hal yang sama. Bahkan, ia sempat bertanya kepada dua anak kecil yang habis berenang.

"Itu di belakang rumah kali juga?" tanya Jokowi.

Seorang anak kecil bercelana merah tanpa mengenakan baju ini pun membenarkan bahwa di belakang rumah ada aliran sungai juga.

"Iya pak, di belakang itu Kali Ciliwung juga, Pak," tutur anak yang badannya masih basah ini.

Jokowi lalu memanggil seorang stafnya, Haris, yang membawa kertas bergambar peta aliran sungai di RT 05 RW 05 ini. Ia menandai lokasi ini dengan alat tulis pada kertas yang disodorkan stafnya.

"Ini masih digambar dulu. Nanti aliran sungai dipotong dan aliran di sana ditutup tanah urukan dan untuk dibangun rusun nanti," kata Jokowi.

KOMPAS

Komentar

Loading...