Unduh Aplikasi

Liga 1 dan Liga 2 Resmi Ditunda Lagi hingga November

Liga 1 dan Liga 2 Resmi Ditunda Lagi hingga November
Ketua Umum PSSI, Moch Iriawan, saat meresmikan Lapangan Sabilulungan, Kabupaten Bandung, Rabu (22/7/2020). (KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHA)

JAKARTA - Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1, dan juga Liga 2 yang awalnya akan dilanjutkan pada 1 Oktober 2020 resmi ditunda lagi selama satu bulan sampai November 2020. 

Keputusan itu diumukan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dalam konfrensi pers yang juga dihadiri oleh Menpora, Zainudin Amali, di Kantor Kemenpora RI, Selasa (29/9/2020).

Menurut Mochamad Iriawan, keputusan menunda Liga 1 dan Liga 2 sampai November tidak lepas dari sikap Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) terkait izin keamanan. 

Pada Senin (28/9/2020), Polri memutuskan tidak akan memberi izin keramaian dalam berbagai tingkatan tertentu karena situasi pandemi virus corona di Indonesia yang belum membaik. 

Mochamad Iriawan menyebut PSSI menghormati keputusan Polri itu. Mochamad Iriawan berharap pandemi virus corona di Indonesia bisa membaik dalam satu bulan ke depan sehingga Liga 1 dan Liga 2 bisa dilanjutkan pada November 2020. 

"Menyikapi hal ini, PSSI menghormati dan memahami keputusan Mabes Polri. 

Pertimbangan keamanan, keselamatan, dan kemnanusiaan paling utama," kata Mochamad Iriawan. 

"PSSI memohon untuk menunda kompetisi selama satu bulan. Jika dimulai November, kompetisi akan sesuai dan selesai pada aret. Kalau Desember, akan mundur lagi, April sudah Ramadhan sementara Mei sudah memasuki persiapan Piala Dunia U20 2021," ujar Mochamad Iriawan. 

"Kami mohon satu bulan agar bisa menggulirkan kompetisi kembali. Jika tidak, satu generasi tahun ini akan kesulitan.," ujar Mochamad Iriawan. 

"PSSI mengapresiasi kepada klub yang sudah bersemangat, berkorban, dan mempersiapkan tim2nya untuk kelanjutan kompetisi ini. 

Namun, kompetisi harus ditunda lagi karena faktor kemanusiaan dan keselamatan lebih penting," tutur Mochamad Iriawan. 

"Mari berharap agar pandemi virus corona segera membaik sehingga kompetisi bisa bergulir lagi pada November 2020," ucap Mochammad Iriawan. 

Berikut adalah kronologi lengkap lika-liku Liga 1 dan Liga 2 musim ini dari ditunda pada Maret 2020: 

Liga 1 musim ini pertama kali ditunda akibat pandemi virus corona pada 14 Maret 2020. 

Keputusan itu diumumkan Mochamad Iriawan setelah laga pembuka Liga 2 2020. PSSI saat itu memutuskan menunda Liga 1 dan Liga 2 untuk sementara selama dua pekan. 

Dua pekan berselang, tepatnya pada 27 Maret 2020, PSSI memperpanjang masa penangguhan Liga 1 dan Liga 2 dengan pertimbangan status Darurat Bencana virus corona di Indonesia. 

Liga 1 dan Liga 2 yang awalnya akan dimulai lagi pada awal April 2020 diputuskan ditunda sampai Mei dengan masa pertimbangan hingga Juni. 

Menurut Mochamad Iriawan, masa penangguhan kompetisi harus diperpanjang karena situasi sudah termasuk kategori kahar atau Force Majeur. 

Keputusan itu tertuang dalam Surat Keputusan SKEP/48/III/2020 tertanggal 27 Maret 2020. 

Dalam surat tersebut, Liga 1 dan Liga 2 direncanakan akan dilanjutkan lagi pada Juli 2020. 

Tidak hanya itu, PSSI juga mempersilahkan tim peserta Liga 1 dan Liga 2 mengubah kontrak kerja yang sudah disepakati dengan pemain. 

Gaji pemain, pelatih, staf, dan ofisial untuk bulan April hingga Juni saat itu bisa disesuaikan menjadi hanya 25 persen dari kewajiban yang tertera dalam kontrak. 

Menjelang masa akhir pertimbangan penangguhan kompetisi, PSSI mmebuat keputusan baru pada 28 Juni 2020. 

PSSI mengumumkan bahwa Liga 1 dan Liga 2 akan dilanjutkan pada awal Oktober 2020. Keputusan PSSI itu membuat PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi bergerak cepat menyusun jadwal anyar, aturan baru hingga protokol kesehatan. 

Beberapa aturan baru yang rencananya akan diterapkan dalam kelanjutan Liga 1 adalah kompetisi terpusat di Pulau Jawa, laga tanpa penonton, pembukaan bursa transfer, dan tidak ada degradasi. 

Tepat pada 19 Juli 2020, PT LIB mengumumkan Liga 1 musim ini akan dilanjutkan pada 1 Oktober 2020. Liga 1 yang masih menyisakan 31 pekan lagi akan berlangsung selama lima bulan hingga Februari 2021. 

Pengumuman itu jadwal baru itu langsung membuat tim peserta Liga 1 bersiap dengan mengumpulkan pemain, renegosiasi kontrak, merombak skuad, serta menentukan stadion yang akan dijadikan kandang. 

Meski sudah bersiap, PT LIB dan tim peserta Liga 1 pada akhirnya harus menerima keputusan PSSI memperpanjang masa penangguhan sampai November 2020. 

Saat ditunda pada Maret 2020, Liga 1 2020 baru menyelesaikan menyelesaikan tiga pekan jadwal awal dengan Persib Bandung sebagai pemuncak klasemen sementara.

Komentar

Loading...