Unduh Aplikasi

LHKP Abdya Tak Miliki Alat Pengukur Kualitas Asap

LHKP Abdya Tak Miliki Alat Pengukur Kualitas Asap
Abdya kantor, Foto : JULIDA FISMA
ACEH BARAT DAYA - Badan Lingkungan Hidup Kebersihan dan Penanaman (LHKP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) belum memiliki alat pengukur Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) untuk melakukan pengecekan kualitas udara, apakah menganggu atau sudah dalam ambang batas yang membahayakan.

Hal tersebut dibenarkan oleh kepala Badan LHKP Abdya, Adian Nur kepada AJNN, Senin (26/10). Ia menyebutkan, untuk saat ini Pemerintah Abdya belum memiliki alat ISPU.

”Benar, kita belum memiliki alat tersebut,“ ungkapnya singkat, sebari mengajurkan media ini untuk langsung bertemu dengan Kasubidnya.

Kasubid Tehnis Amdal dan Evaluasi Rayyen Firda, kepada AJNN menjelaskan, untuk saat ini Pemerintah Abdya belum melakukan pengadaan tetang alat tersebut, sehingga wajar jika di Intasi tempat ia bekerja itu, tidak memiliki alat.

”Tida ada alatnya, sebab belum dibeli oleh pemerintah Abdya,” tuturnya

Ia mengaku, untuk sementara pihaknya belum memerlukan alat tersebut, karena untuk sementara kabut asap di Abdya belum membahayakan.

"Memang ada kabut asap, tetapi sejauh ini belum berdampak pada kesehatan masyarakat, jika pun nanti sudah menganggu, kita dari Dinas akan menurunkan tim dari Propinsi Aceh dan Medan untuk mengukur Standar Pencemar Udara,” jelasnya.

Namun, Rayen tidak menjelaskan antisipasi apa jika kabut asap semakin tebal di Abdya akibat asap kiriman kebakaran hutan tersebut.

|JULIDA FISMA
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...