Unduh Aplikasi

Lewat Surat Tulisan Tangan, Rio Resmi Ajukan Diri Jadi Justice Collaborator

Eks Sekjen NasDem, Patrice Rio Capella resmi mengajukan diri sebagai Justice Collaborator (JC). Rio Capella mengirimkan surat tulisan tangannya ke pimpinan KPK yang berisi permohonan sebagai JC.

"Sore tadi pimpinan memang menerima surat dari PRC, surat tulisan tangan yang isinya pengajuan diri sebagai JC," kata Plt Pimpinan KPK, Johan Budi saat berbincang di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (30/10/2015).

Johan menjelaskan, nantinya pimpinan baru akan memutuskan setelah mendapat penjelasan dari para penyidik. Para penyidik inilah yang tahu layak tidaknya Rio Capella menjadi JC.

"Mekanisme setelah ada pengajuan maka akan dilihat oleh tim penyidik (deputi penindakan), lalu diberi saran kepada pimpinan. Pimpinan lalu membahas dan memutuskan untuk memberikan atau tidak," jelas Johan.

Ditargetkan, keputusan bisa tidaknya Rio Capella menjadi JC akan terbit pekan depan. Namun, tentu saja Rio harus memenuhi syarat-syarat untuk menjadi JC.

Untuk menjadi JC, Rio Capella harus mau mengakui perbuatan dan mau bekerjasama dengan penyidik. Selain itu Rio juga harus membuka peran-peran pihak lain terkait kasus suap pengamanan perkara Bansos Sumut di Kejagung, atau memberikan informasi kasus baru yang diketahuinya agar KPK bisa melakukan pengembangan dan menjerat pihak lain.

"Jika jadi JC paling tidak tuntutannya bisa diperingan," tutur Johan.

DETIK

Komentar

Loading...