Unduh Aplikasi

Lengkap di Darat, Aman di Laut

Lengkap di Darat, Aman di Laut
Ilustrasi: Depositphotos

KONDISI cuaca yang tergolong buruk di Aceh dalam sepekan terakhir hendaknya tidak dianggap remeh. Terutama bagi para nelayan Aceh. Kondisi ini memang tak menguntungkan. Apalagi, di darat, tak banyak pekerjaan yang bisa dilakukan sebagai pengganti untuk mendapatkan penghasilan. Tidak seperti yang mereka dapat di lautan.

Namun semua pihak yang terkait dengan industri perikanan, baik skala kecil ataupun besar, harus tetap menempatkan keselamatan pelayaran sebagai hal yang utama. Apalagi, kasus-kasus kecelakaan di laut, baik itu pelayaran umum atau pencarian ikan, meningkat.

Salah satunya adalah tenggelamnya KM Indah Harapan. Kapal berbobot 7 gross tonnage ini tenggelam di perbatasan Aceh-Malaysia. Kapal ini terkena badai sebelum tenggelam. Dua awaknya selamat. Sementara dua lainnya masih dilaporkan hilang.

Sebelumnya, tiga nelayan di Aceh Jaya juga terluka akibat kapal yang mereka tumpangi terbalik dan tenggelam dihantam ombak besar. Beruntung, mereka selamat. Meski harus menjalani perawatan akibat insiden tersebut.

Badan Meteorologi dan Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut Aceh cuaca burukini akan merundung Aceh hingga beberapa hari ke depan. Angin berhembus di sepanjang perairan Aceh dan dapat memicu ombak besar hingga tiga meter lebih.

Karena itu, otoritas pelayaran harus memastikan agar tak ada insiden yang menyebabkan kerugian, atau bahkan korban jiwa. Selain Surat Izin Penangkapan Ikan, yang menjadi dokumen penting sebelum para nelayan menangkap ikan, seluruh kapal perikanan harus mengantongi izin kelayakan dan surat persetujuan berlayar. Pelayaran yang tidak melengkapi dokumen, harusnya dapat dipaksa untuk berlabuh hingga mereka melengkapi ketentuan tersebut. 

Di darat, mungkin situasinya tidak terlalu menguntungkan. Namun hal ini tidak lantas menjadi alasan untuk mengabaikan keselamatan diri atau awak yang mengikuti perjalanan di laut dalam cuaca ekstrim ini. Karena seburuk apapun, badai buruk ini akan berakhir.

iPustakaAceh
Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...