Unduh Aplikasi

Legislatif dan Eksekutif Aceh Sepakat Pilkada Digelar 2022

Legislatif dan Eksekutif Aceh Sepakat Pilkada Digelar 2022
Proses penandatanganan bersama kesepakatan pelaksanaan Pilkada Aceh Digelar 2022 dalam Rakor di gedung DPRA, Senin, Senin, 29 Juni 2020. Foto: Rahmat Fajri

BANDA ACEH - Seluruh unsur legislatif Aceh baik provinsi maupun kabupaten/kota se Aceh bersama Pemerintah Aceh telah bersepakat bahwa Pilkada serentak Aceh diselenggarakan pada 2022 mendatang.

Kesepakatan ini telah ditandatangani bersama dalam rapat koordinasi pelaksanaan Pilkada Aceh 2022 bersama Komisi I DPRA, Pemerintah Aceh, KIP Aceh, Panwaslih Aceh serta Komisi A DPRK se Aceh, di gedung utama DPRA, Senin (29/6).

Ketua Komisi I DPRA, Muhammad Yunus menyampaikan, Pilkada Aceh digelar pada 2022 itu merujuk pada ketentuan yang telah diatur dalam UU Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh (UUPA). Dasar itu kemudian dijadikan landasan kesepakatan tersebut.

"Kita sudah bersikap kalau Pilkada Aceh insyaallah tetap di 2022. Itu salah satu rekomendasi yang lahir dalam rapat koordinasi hari ini," kata M Yunus kepada wartawan, usai Rakor di gedung utama DPR Aceh.

Yunus menuturkan, kesepakatan itu harus segera ditindaklanjuti oleh DPRK se Aceh berupa melaksanakan rapat lanjutan bersama bupati atau wali kota di daerah masing-masing.

"Kita harapkan supaya Komisi A DPRK se Aceh segera koordinasi dengan eksekutif, agar ada titik temu, dan lebih sinergi. Jangan nanti di kabupaten begini, provinsi begitu. Harus satu sikap bersama, itu yang kita harapkan," tutur Politikus Partai Aceh itu.

Seperti diketahui, dalam pasal 21 ayat (9) Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. Telah diatur mengenai persiapan penyerentakan pilkada dan pemilu pada tahun 2024.

Namun, untuk Aceh dinilai tetap dapat menyelenggarakan Pilkada pada 2022, hal itu sesuai dengan ketentuan dalam UU Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh (UUPA).

Komentar

Loading...