Unduh Aplikasi

LBH Desak Penambahan Jumlah Hakim di PN Meulaboh

LBH Desak Penambahan Jumlah Hakim di PN Meulaboh
ilustrasi
ACEH BARAT - Lembaga Bantuan Hukum Banda Aceh Pos Meulaboh mendesak Pengadilan Tinggi Aceh segera menambahkan jumlah hakim di Pengadilan Negeri Meulaboh.

“Banyaknya perkara yang ditangani baik, kasus perdata maupun pidana, ditambah minimnya ketersediaan hakim, tentu berpotensi akan mengurangi kemampuan hakim dalam beracara,” kata koordinator LBH Pos Aceh Barat, Herman, Rabu (23/3).

Menurut dia, keterbatasan jumlah hakim membuat beban kerja hakim yang ada semakin meningkat. Di saat yang sama, seorang hakim harus memeriksa, mengadili serta memutus suatu perkara di peradilan, yang merupakan wadah pencari keadilan yang terakhir. Namun jika beban kerja ini terlalu berat, keputusan yang dihasilkan bakal tidak maksimal juga.

Dia juga mendukung pernyataan Ketua PN Meulaboh tentang pentingnya membantuk lembaga pengadilan di Nagan Raya. Selama ini, kasus hukum di daerah itu diselesaikan di PN Meulaboh karena tak ada pengadilan di Nagan Raya.

“Pemerintah Aceh, Pemerintah Pusat dan pemerintah daerah harus sesegera mungkin melakukan langkah-langkah konkrit untuk mengatasi masalah ini. Memberi kemudahan bagi para pencari keadilan adalah hal penting. Sebagaimana prinsip keadilan; cepat, mudah dan biaya murah,” kata Herman.

Komentar

Loading...