Unduh Aplikasi

Larangan Mudik Berakhir, Angkutan Umum Sudah Bebas Masuk ke Aceh

Larangan Mudik Berakhir, Angkutan Umum Sudah Bebas Masuk ke Aceh
Pemeriksaan di perbatasan Aceh Tamiang-Sumut. Foto : Ist

ACEH TAMIANG - Pola operasi penjagaan di perbatasan Aceh Tamiang-Sumut dilonggarkan, semua angkutan umum sudah bisa masuk ke Aceh kembali.

Kepala Dinas Perhubungan Aceh Tamiang, Syuibun Anwar yang dikonfirmasi AJNN, Sabtu (6/6) mengatakan, tidak ada lagi pemeriksaan surat bebas Covid-19 bagi warga yang lewat ke Aceh, karena larang mudik sudah berakhir.

Pun begitu, kata dia, para penumpang bus dan mobil angkutan lain dari Medan ke Aceh tetap akan diperiksa suhu tubuh.

"Hanya pemeriksaan suhu tubuh saja yang dilakukan di pos perbatasan, itu tetap perlu dilakukan untuk mendeteksi penyebaran virus corona ke Aceh," sebut Syuibun.

Menurut Syuibun, untuk memaksimalkan pemeriksaan suhu tubuh terhadap penumpang angkutan umum, pos chek poin yang dibangun di perbatasan akan di geser ke jembatan timbang.

"Kalau pos pemeriksaan masih dilokasi saat ini, maka akan terjadi kemacetan. Karenanya pos akan digeser ke jembatan timbang, disitu punya halaman untuk parkir bus," kata Syuibun.

Syuibun menambahkan, pemeriksaan suhu tubuh akan diperioritaskan untuk kenderaan umum, sementara untuk mobil pribadi akan dilihat dari mana mobil tersebut.

Karena penjagaan di perbatasan sudah agak longgar, sambung Syuibun, maka kemungkinan untuk personil seperti dari Brimob dan PJR Aceh tidak ada lagi.

Komentar

Loading...