Unduh Aplikasi

Larang Wartawan Liput Rekap Suara, Panwascam Setia Bakti Minta Maaf

Larang Wartawan Liput Rekap Suara, Panwascam Setia Bakti Minta Maaf
Suasan rekap suara di Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya. Foto: Ist

ACEH JAYA - Ketua Panitia Pengawas Pemilih Kecamatan (Panwascam) Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, Alhadi menjelaskan kalau tidak ada aturan yang melarang wartawan untuk meliput rapat pleno kecamatan.

"Sebenarnya tidak dilarang, ini hanya miskomunikasi saja tadi," kata Alhadi kepada AJNN, Selasa (23/4).

Ia mengaku kalau kondisi saat itu memang sedang memanas. Bahkan pihaknya yang meminta aparat kepolisian  melakukan penjagaan lebih ketat, dikarenakan  keamanan di lokasi sudah tahap siaga satu.

"Jadi kami mohon maaf atas kejadian tadi, dan kami mempersilahkan wartawan untuk meliput kembali, nanti biar kami yang bicara sama pihak keamanannya," ujarnya.

Sementara itu, Komisioner Panwaslih Aceh Jaya, Zahara mengaku pihaknya sudah mengeluarkan rekomendasi untuk dihitung ulang kertas suara di TPS 01 Gampong Lhok Geulumpang, Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya.

"Malam ini akan dihitung oleh PPK Setia Bakti bersama PPS Gampong Lhok Geulumpang dan para saksi partai," kata Zahara.

Menurutnya, alasan yang mendasar untuk dilakukan hitung ulang itu karena adanya perbedaan antara sertifikat yang diterima oleh pihak saksi dengan sertifikat yang ada sama PPK dan panwas.

Sesuai PKPU nomor 3 pasal 74 disebutkan yang pertama kali dilakukan itu adalah membuka C1-Plano, dan jika C1-Plano mereka keberatan, langkah selanjutnya adalah rekomendasi untuk hitung ulang kertas suara.

"Ya prosesnya akan sama seperti di TPS lagi, semua kertas suara dihitung ulang lagi, namun yang dihitung ulang itu hanya TPS yang keberatan saja," jelas Zahara.

Komentar

Loading...