Unduh Aplikasi

Laporan Realisasi Keuangan Belum Diserahkan, DPRK Pidie Enggan Bahas RAPBK

Laporan Realisasi Keuangan Belum Diserahkan, DPRK Pidie Enggan Bahas RAPBK
ilustrasi. Foto: Net

PIDIE - Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie hingga saat ini belum membahas Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (RAPBK) tahun 2018, mestinya APBK tersebut disahkan sebelum 31 Desember 2017 lalu.

Wakil Ketua DPRK Pidie Jamaluddin Sp kepada AJNN, Kamis (4/1) mengatakan, keterlambatan pembahasan APBK Pidie tahun 2018 karena pihak eksekutif belum menyerahkan dokumen laporan realisasi keuangan dan fisik masa penggunaan anggaran tahun 2017 lalu untuk dilakukan pansus.

Baca: Hanya Kabupaten Pidie Yang Belum Sahkan APBK 2018

Menurutnya, sebelum membahas APBK tahun 2018, legeslatif akan terlebih dahulu melakukan Pansus terhadap realiasi keuangan dan fisik tahun 2017 lalu.

"Legeslatif masih menunggu bahan laporan realisasi keuangan dan fisik untuk dilakukan Pansus," ujarnya.

Kata dia, untuk dokumen APBK 2018 sudah diserahkan pada 19 Desember lalu namun hanya saja dokumen laporan realisasi fisik dan keuangan belum diserahkan eksekutif.

"Hingga kemarin legeslatif sudah meminta bahannya dari eksekutif melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk terlebih dulu dilakukan pansus akan tetapi sampai sekarang belum diserahkan," kata Jamaluddin.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Pidie Amiruddin mengakui laporan realisasi keuangan dan fisik penggunaan anggaran tahun 2017 belum diserahkan sebagaimana yang diminta pihak legeslatif. Namun untuk dokumen APBK 2018 sudah diserahkan pada tanggal 19 Desember 2017 lalu.

"Kemarin kami menerima surat permintaan laporan realisasi keuangan dan fisik dari legeslatif, Insyaallah paling lambat Senin ini kita serahkan," kata Amir.

Menyangkut mekanisme pembahasan APBK itu sudah masuk ke ranah pihak legislatif, hanya saja pihaknya berharap agar APBK 2018 dapat segera dibahas, mengingat batas waktu pengesahan sudah habis.

"Kami berharap APBK 2018 dapat dibahas secepatnya, sehingga tidak menghambat proses pembangunan di Pidie," pinta Sekda Pidie.

Komentar

Loading...