Unduh Aplikasi

Lapas Lhoknga Siapkan Ruang Karantina ODP Corona

Lapas Lhoknga Siapkan Ruang Karantina ODP Corona
Kalapas Lhoknga Yusrizal. Foto: AJNN/Tommy

ACEH BESAR - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas III, Lhoknga, Aceh Besar telah menyiapkan tempat untuk dijadikan ruang karantina covid 19. Narapidana berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) akan dikarantina disana.

Kalapas Lhoknga, Yusrizal menyebutkan Lapas Lhoknga dijadikan rujukan bagi warga binaan di Aceh yang status ODP untuk menjalani karantina 14 hari.

"Ada satu ruangan yang nantinya dijadikan ruang isolasi dengan 10 tempat tidur, saat ini sedang dalam renovasi," katanya, Senin (6/4).

Menurutnya, langkah ini diambil sebagai pertolongan pertama bagi warga binaan yang digolongkan ODP. Penyebaran covid 19 sulit terdeteksi dan bisa mengenai seluruh masyarakat apabila tidak dilakukan penangganan khusus.

Baca: 23 Napi Lapas Lhoknga Jalani Asimilasi Mandiri

"Jika nanti napi yang menjalani karantina 14 hari timbul gejala corona atau masuk kategori PDP maka akan dirujuk ke rumah sakit rujukan yang ditunjuk," katanya.

Ia juga menyebutkan meski Lapas Lhoknga dijadikan tempat karantina napi ODP corona, namun masih banyak kekurangan, salah satunya belum ada persediaan alat pelindung diri (APD) bagi petugas di lapas serta kekurangan tenaga medis.

"Belum punya APD, kami akan lakukan revisi anggaran untuk menyiapkan segala kebutuhan sebagai lapas rujukan ODP Covid-19. Sementara dokter cuma satu orang begitu juga dengan tenaga perawatnya," sebut Yusrizal.

Komentar

Loading...