Unduh Aplikasi

Lapas dan Rutan Diminta Tingkatkan Pengawasan Penggunaan Telepon Genggam

Lapas dan Rutan Diminta Tingkatkan Pengawasan Penggunaan Telepon Genggam
Foto: Ist

BANDA ACEH - Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh Meurah Budiman meminta agar seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) di Aceh dapat memperketat pengawasan penggunaan telepon genggam oleh warga binaan pemasyarakatan (WBP).

"Saya minta agar petugas sipir dapat memperketat pengawasan penggunaan Hp oleh warga binaan baik di Lapas maupun di Rutan," kata Meurah Budiman, Jumat (9/4).

Ia mengatakan bagi warga binaan pemasyarakatan yang memiliki telepon genggam di lapas maupun rutan dapat dikenakan sanksi disiplin sebagaimana diatur dalam Permenkumham No 6/2013 tentang Tata Tertib Lapas/Rutan.

"Ada sanksi disiplinnya bagi siapa saja yang menggunakan telepon genggam di dalam lapas dan rutan," ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta agar petugas sipir dapat meningkatkan penggeledahan barang titipan mulai dari pintu utama dan melakukan penggeledahan di blok hunian warga binaan.

"Pengawasan petugas dan penggeledahan secara rutin dilakukan untuk menutup celah kemungkinan terjadinya peredaran narkoba di dalam lapas/rutan," kata Meurah Budiman.

Hasil razia serentak di Lapas dan Rutan yang dilaksanakan pada 6 April 2021, lanjut Meurah Budiman tidak ditemukan narkoba. Namun, petugas menyita 122 unit telepon genggam dan senjata tajam.

"Ada 200 senjata tajam berupa gunting dan pisau cater dan 250 gunting kecil. Batang sitaan itu akan dimusnahkan," ungkap Kakanwil Kemenkumham Aceh Meurah Budiman.

Pemkab Bener Meriah _Ramadhan

Komentar

Loading...