Unduh Aplikasi

Lapas dan Rutan di Aceh Tidak Layani Kunjungan Lebaran Idul Fitri

Lapas dan Rutan di Aceh Tidak Layani Kunjungan Lebaran Idul Fitri
Lapas Kelas II Lhoknga. Foto: AJNN/Fauzul Husni

BANSA ACEH - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) yang ada di Aceh tidak menerima kunjungan dari keluarga pada Hari Raya Idul Fitri 1441 H, guna antisipasi penyebaran Covid 19.

Kadivpas Kemenkumham Aceh, Meurah Budiman menyebutkan sesuai surat edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham RI, lebaran tahun ini Lapas/Rutan meniadakan atau menghentikan kunjungan untuk tahanan dan narapidana.

"Atas surat edaran tersebut, Kemenkumham Aceh telah menginstruksikan kepada Kalapas dan Karutan tidak membuka layanan kunjungan keluarga narapidana dan tahanan di Lapas maupun di Rutan," kata Meurah, Jumat (22/5).

Meurah juga menyebutkan Kakanwil Kemenkumham Aceh juga meminta kepada seluruh kepala UPT Pemasyarakatan Aceh dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap gangguan dan keamanan pada perayaan Idul Fitri.

"Pak Kakanwil telah perintahkan agar Karutan dan Kalapas tidak melakukan diskriminasi terhadap layanan kunjungan. Sehingga tidak menimbulkan gangguan dan keamanan di Lapas dan Rutan," sebutnya.

Ia juga mengatakan pihak keluarga narapidana maupun tahanan dapat berkomunikasi melalui video call berbasis online dengan sarana yang disiapkan masing-masing Lapas/Rutan.

"Jadi pihak Lapas/Rutan telah menyiapkan nomor yang telah disiapkan. Pihak keluarga bisa berkomunikasi melalui video call," ujarnya.

Meski tidak menerima kunjungan untuk para warga binaan, namun lapas/rutan tetap melayani barang kiriman sehingga apabila ada keluarga dari warga binaan ingin mengirimkan makanan untuk narapidana masih dilayani, namun tetap menerapkan protokol kesehatan

"Selama perayaan lebaran narapidana dan tahanan hanya diberikan izin kunjungan secara online dan menerima penitipan barang atau makanan dari keluarganya melalui petugas pengamanan di Lapas/Rutan," ungkapnya.

Komentar

Loading...