Unduh Aplikasi

Lapas dan Rutan di Aceh Belum Izinkan Kunjungan Tatap Muka

Lapas dan Rutan di Aceh Belum Izinkan Kunjungan Tatap Muka
Pihak keluarga warga binaan mendaftar ke loket untuk layanan kunjungan dan penitipan barang/makanan. Foto; AJNN/Tommy

BANDA ACEH - Pihak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) belum mengizinkan layanan tatap muka bagi keluarga narapidana maupun tahanan. 

Kakanwil Kemenkumham Aceh, Zulkifli menyebutkan saat ini di Lapas maupun Rutan telah menyediakan layanan virtual atau online melalui video call kepada pihak keluarga yang ingin berkomunikasi dengan warga binaan.  

"Lapas dan Rutan hanya membuka layanan secara online, untuk kunjungan tatap muka belum kita izinkan," kata Zulkifli, Kamis (15/10).

Zulkifli menyebutkan layanan kunjungan secara online bagi narapidana maupun tahanan di Aceh dilakukan sejak merebaknya pandemi Covid 19 di Aceh. 

"Sejak saat itu, pihak keluarga narapidana maupun tahanan tidak diizinkan berjumpa secara langsung. Ini kita lakukan untuk mencegah penyebaran Covid 19 di dalam Lapas dan Rutan," ujarnya. 

Baca: Empat Warga Binaan Rutan Kajhu Kabur dengan Merusak Jeruji Besi dan Panjat Tembok

Sementara untuk layanan pengiriman barang dan makanan dari pihak keluarga, kata Zulkifli bisa dititipkan kepada petugas Lapas maupun Rutan. 

"Apabila ada keluarga dari warga binaan ingin mengirimkan barang dan makanan di izinkan,  namun tetap menerapkan protokol kesehatan dan akan dilakukan pemeriksaan ketat," katanya. 

Selain itu, lanjut Zulkifli, untuk tahanan titipan wajib melakukan karantina terlebih dahulu sebelum masuk ke Lapas maupun Rutan dan dipastikan bebas Covid 19 dari hasil tes. 

"Ini dilakukan untuk melindungi warga binaan pemasyarakatan kontak langsung dengan penghuni baru yang bisa membawa virus ke dalam," sebutnya. 

Zulkifli juga menambahkan saat ini Kemenkumham Aceh terus berupaya mencegah penyebaran Covid 19 di dalam Lapas maupun di Rutan. Hingga saat ini belum ada laporan narapidana maupun tahanan terkonfirmasi Covid 19. 

"Penutupan layanan tatap muka di Lapas dan Rutan dilakukan sampai batas waktu yang belum ditentukan," ungkapnya. 

Komentar

Loading...