Unduh Aplikasi

Lapas dan Rutan di Aceh akan Dipasang Metal Detector

Lapas dan Rutan di Aceh akan Dipasang Metal Detector
Foto: Liputan6
BANDA ACEH - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkum Ham Aceh Suwandi menyatakan seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di Aceh akan dipasang pendeteksi logam (Metal Detector) dipintu masuk. Pemasangan alat tersebut untuk menindaklanjuti maraknya pengendalian transaksi narkoba di dalam Lapas dan Rutan.

"Memang selama ini pemeriksaan masih dilakukan secara manual, tapi kali ini setiap pengunjung akan diperiksa melalui metal detector yang sudah dipasang di pintu masuk lapas dan rutan," katanya, Kamis (28/4).

Dikatakannya, ada beberapa lapas dan rutan yang sudah dipasang alat metal detector antara lain, Lapas dan Rutan Banda Aceh, Lapas Lhokseumawe dan Lapas Narkotika di Langsa. "Sementara untuk Lapas Wanita Sigli, Rutan Sabang dan Lapas kelas III Blang Pidie sedang kita persiapkan alat metal detector, sementara untuk lapas dan rutan lainnya masih menunggu putusan pusat," ujarnya.

Dirinya juga menyebutkan pengendalian transaksi narkoba dan penyalahgunaan barang elektronik dalam lapas memang sulit dilacak oleh petugas. Dari razia telah dilakukan di lapas dan rutan, Kemenkumham Aceh berhasil mengamankan 450 lebih telepon genggam milik warga binaan. "Ratuan unit telepon gengam sudah kami amankan, dan semuanya sudah dimusnahkan dengan cara dibakar," katanya.

Selaini telepon gengam, kata dia, sejumlah barang terlarang lainnya juga ikut dimusnahkan antara lain kabel listri dan senjata tajam, bahkan narkoba jenis ganja yang didapat dari hasil razia petugas. "Atas temuan-temuan tersebut, kami akan memperketat pemeriksaan para pembesuk, sehingga pemasok ganja dan alat komunikasi dapat kita cegah," ungkapnya.

Komentar

Loading...