Unduh Aplikasi

Lantik Panglima Sagoe, Tgk Ni Pertanyakan Komitmen Penegakan HAM

Lantik Panglima Sagoe, Tgk Ni Pertanyakan Komitmen Penegakan HAM
Tgk Ni (tengah). Foto: Safrizal

LHOKSEUMAWE - Panglima Wilayah Samudera Pase Tgk Zulkarnaini menuntut pemerintah untuk segera menuntaskan kasus-kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia di Aceh selama masa konflik. Hal ini, kata dia, penting untuk kelangsungan perdamaian Aceh.

“Pelanggaran HAM tragedi Simpang KKA hingga saat ini belum ada penyelesaian. Belum ada satu orang pun dari pelaku yang diadili,” kata Tgk Zulkarnaini di sela-sela pelantikan Majelis Komite Peralihan Aceh Sagoe Tjout Keupula, Daerah I Tgk. Tjhik di Paloh, Wilayah Samudera Pase, Ahad (11/12).

Menurut Tgk Ni--sapaan Zulkarnaini--pembentukan Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi di Aceh dapat mendorong percepatan proses pengungkapan pelaku kejahatan peran tersebut. Dengan demikian, proses islah yang didengung-dengungkan dapat terlaksana.

Tgk Ni juga berharap Panglima Sagoe Tjout Keupula dan jajarannya bisa bekerja lebih solid serta amanah. Mereka diminta jangan saling menyalahkan. Setiap anggota KPA harus saling memahami, satu dengan yang lain.

Dia juga meminta KPA tidak terpecah belah. "Perjuangan yang kita lakukan saat ini adalah amanah indatu, jadi amanah njoe, beuk mat-mat peuduk,” kata Tgk Ni. “Bila ada kekeliruan di jajaran KPA, maka selesaikanlah dengan cara yang baik.”

IKLAN HPI
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...