Unduh Aplikasi

Langkah Kecil Dampak Besar

Langkah Kecil Dampak Besar
ilustrasi.

LANGKAH Partai Aceh mendaftarkan keikutsertaan dalam Pemilihan Umum 2019 adalah bijaksana. Ini menunjukkan Partai Aceh semakin dewasa dalam berpolitik. Meski hanya berstatus partai lokal, partai ini menunjukkan keinginan kuat untuk terus memperbaiki diri dan mengikuti aturan main yang ditetapkan penyelenggara pemilu.

Pendaftaran ini juga bukan berarti Partai Aceh menyerah. Karena apapun ceritanya, setiap warga negara atau kelompok di negeri ini tidak boleh berdiri di atas konstitusi negara. Setiap ketidaksetujuan hendaknya disampaikan lewat mekanisme yang ada.

Sudah dapat dipastikan Partai Aceh akan mengikuti Pemilu 2019. Hanya partai lokal ini yang tak perlu menjalani verifikasi partai politik yang menjemukan karena partai ini berhasil melewati ambang batas kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Aceh, sebagai persyaratan untuk tetap bertahan dengan nama Partai Aceh.

Partai ini juga tak kebakaran jenggot meski gugatan mereka ditolak oleh Mahkamah Konstitusi saat ketua umum partai itu kalah dalam Pemilihan Kepala Daerah Aceh 2017. Muzakir Manaf dan petinggi partai ini menerima kemenangan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah. Belakangan, Mualem--sapaan Muzakir Manaf--dan Irwandi terlihat akrab. Mereka bahkan terbang bersama dalam pesawat yang dikemudikan Irwandi saat menghadiri pelantikan seorang kepala daerah.

Sebagai partai lokal terbesar, Partai Aceh memiliki tanggung jawab besar. Lebih besar dari partai politik nasional. Ini adalah partai yang diidam-idamkan para politikus lokal di seluruh Indonesia. Partai lokal adalah sebuah jawaban dari “kebuntuan” politik yang ditawarkan oleh partai nasional yang cenderung otoriter dan serba pusat.

Kegagalan partai ini meraih suara besar di Pemilu 2014 harusnya menjadi pelajaran penting yang tak boleh diulangi pada Pemilu 2019. Partai ini, dan partai lokal lainnya, harus mampu menawarkan sesuatu yang berbeda dari yang ditawarkan oleh partai nasional yang cenderung sentralistik. Kemenangan harusnya diraih dengan meningkatkan kompetensi partai dan kader-kadernya. Ini adalah langkah kecil namun berdampak besar. 

Aceh mempunyai undang-undang khusus; UUPA. Harusnya politik, sosial, budaya, dan pelayanan publik juga harus memiliki keunggulan yang memberikan keuntungan besar bagi penduduk Aceh. Ini adalah cara untuk bertahan dari serangan partai nasional yang semakin lama semakin mendapatkan hati di rakyat Aceh. Mudah-mudahan ini bukan karena kegagalan politikus partai-partai lokal.

Komentar

Loading...