Unduh Aplikasi

Lahan PT Fajar Baizury di Nagan Raya Terbakar

Lahan PT Fajar Baizury di Nagan Raya Terbakar
Foto: Ist

NAGAN RAYA - Puluhan personil TNI dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0116 Nagan Raya dikerahkan membantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) guna melakukan pemadaman api dikawasan kebakaran hutan dan lahat yang berada di Desa Cot Mu, Kuala Tripa, Kecamatan Tripa Makmur.

Kebakaran hutan dan lahan di dua lokasi tersebut diperkirakan capai 20 hektare. Luasnya kebakaran lahan tersebut disebabkan oleh lokasi lahan yang terbakar merupakan kawasan gambut, serta dipicu kemarau yang membuat api semakin mudah melalap akar gambut yang kering tersebut.

Komandan Kodim 0116 Nagan Raya, Letnan Kolonel Kav Nanak Yuliana mengatakan, dari dua lokasi yang terbakar tersebut, terbesar terjadi di Cot Mu dengan luas diperkirakan mencapai 12 hektare, dan di Kuala Tripa seluas 8 hektar.

"Luas lahan yang terbakar di dua titik merupakan milik perusahaan perkebunan PT Fajar Baizury, ada sebagian kecil milik warga. Karena bersebelahan dengan lahan milik perusahaan," kata Nanak, Kamis (4/7).

Nanak menyebutkan jumlah personil yang diturunkan untuk memadamkan api di dua titik tersebut sebanyak dua pleton atau 60 orang dengan rincian 30 personil dari Kodim setempat, dan 30 personil dari Batalyon Infanteri 116.

"Untuk mencegah meluasnya titik api, saat ini personil TNI terus membuat embung atau parit diareal kebakaran tersebut. Sedangkan untuk alat pemadam kebarakan, yang diturunkan sebanyak enam unit mesin robin dimana dua unit milik BPBD setempat dan empat unit milik Fajar Baizury," ujarnya.

Kyriad Muraya Hotel Aceh

Komentar

Loading...