Unduh Aplikasi

Lagi, Koalisi Partai Pendukung Pemkab Singkil Kembali Keluar

Lagi, Koalisi Partai Pendukung Pemkab Singkil Kembali Keluar
Kantor singkil
ACEH SINGKIL - Perpecahan Fraksi Golkar di DPRK Aceh Singkil yang merupakan partai pendukung Pemerintah Aceh Singkil kian meruncing, lantaran Partai dalam koalisi itu rame- rame menyatakan Henkang dari fraksi pohon beringin itu.

Setelah PA dan PKB resmi menyatakan keluar dari koalisi, kini sejumlah partai lainnya juga dikabarkan akan segera hengkang dari Fraksi Golkar.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) merupakan partai yang sudah menyatakan keluar, bahkan surat pernyataan sudah dilayangkan.

"Suratnya sudah kami kirimkan ke Sekwan, tinggal menunggu proses paripurna saja," kata anggota dewan dari PDIP, Taufik A.md, Selasa (27/10).

Hal senada juga disampaikan anggota DPRK dari PPP, Ramli Boga, ia mengatakan, kalau partainya juga sudah melayangkan surat pernyataan keluar dari Fraksi Golkar.

Kendatipun, PDI dan PPP sudah menyatakan keluar dari fraksi Golkar, namun mereka belum menyebutkan kemana partainya akan berlabuh.

Sementara itu, PDA, PKPI dan PBB, walaupun santer dikabarkan akan ikut hengkang. Namun, mereka masih enggan memberikan keterangan kepada media.

Keluarnya sejumlah partai koalisi dalam Fraksi Golkar, membuat peta politik di lembaga Legislatif Aceh Singkil itu berubah. Jika sebelumnya Golkar bersama koalisinya memiliki kekuatan lebih dari 60 persen dari jumlah kursi atau 15 kursi dari total 25 kursi di DPRK, dengan keluarnya, PA (2 kursi), PKB (2 kursi) PDIP dan PPP masing masing 1 kursi, maka kekuatan fraksi pohon beringin itu kini hanya tinggal 9 kursi saja.

Kekuatan itu sama dengan Fraksi Amanah yang juga memiliki 9 kursi setelah mendapat tambahan 4 kursi dari PKB dan PA. Jika PDIP dan PPP juga berlabuh ke Amanah, maka kekuatan fraksi itu akan lebih besar dari Fraksi Golkar. Beda halnya apabila mereka (PDIP dan PPP) berlabuh ke Fraksi Demokrat Perubahan, kekuatan politik masing-masing fraksi akan berimbang.

|EDI

Komentar

Loading...