Unduh Aplikasi

Lagi, Dua Rumah di Aceh Utara Ambruk ke Sungai

Lagi, Dua Rumah di Aceh Utara Ambruk ke Sungai
Kondisi rumah yang nyaris ambruk. Foto untuk AJNN

ACEH UTARA – Dua unit rumah di Gampong Gunci, Kecamatan Paya Bakong, Kabupaten Aceh Utara, ambruk ke sungai, Sabtu (21/11). Ketiga rumah tersebut yakni milik Tihasanah dan Wardiah.

“Kejadiannya tadi siang, padahal tidak hujan. Dua rumah tersebut langsung ambruk ke sungai,” kata Keuchik Blang Gunci, Samsul Kamal kepada AJNN.

Sambung Samsul, total rumah yang sudah jatuh ke sungai di Desa Blang Gunci sudah empat unit. Setelah sebelumnya dua unit milik A Rasyid dan Khatijah.

Baca juga: 30 Rumah Terancam Ambruk ke Sungai di Aceh Utara

“Harapan kami, semoga segera dapat penanganan dari Pemerintah Aceh Utara,” imbuhnya.

Sebelumnya, sebanyak 30 unit rumah di Gampong Blang Gunci, Kecamatan Paya Bakong, Kabupaten Aceh Utara, terancam ambruk ke Sungai Krueng Keureuto. Kejadian mengerikan itu mulai parah sejak setahun terakhir, bahkan lima rumah diantaranya mulai ambruk.

Dua kepala keluarga terpaksa mengungsi, tiga lainnya masih memilih bertahan meski dengan rasa takut. Keuchik Gampong Blang Gunci, Samsul Kamal kepada AJNN mengatakan, sepanjang sungai tersebut terdapat 30 unit rumah yang terancam ambruk.

Namun yang sudah sangat berbahaya lima rumah, memang seharusnya mereka sudah bisa pindah dari lokasi saat ini.

“Jumlah kepala keluarga di Gampong Gunci semuanya 140 KK, namun sebagian dari mereka menempati di pinggir sungai, sehingga 30 diantara terancam ambruk karena terkikis tanah saat air sungai meluap,” kata Samsul saat dihubungi melalui telepon seluler.

Komentar

Loading...