Unduh Aplikasi

Laboratorium Lingkungan DLH Pidie Raih Akreditasi dari KAN

Laboratorium Lingkungan DLH Pidie Raih Akreditasi dari KAN
Foto: Ist

PIDIE - Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pidie berhasil meraih akreditasi sebagai Laboratorium Penguji dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). Sesuai dengan sertifikat akreditasi nomor LP-1411-IDN berlaku hingga lima tahun kedepan.

Kadis LHK Pidie Safrizal mengatakan, akreditasi dari KAN merupakan pengakuan formal bahwa Laboratorium Lingkungan DLH Kabupaten Pidie memiliki kompetensi sebagai Laboratorium Penguji sesuai standar SNI ISO/IEC 17025:2017.

Dengan demikian, jelas Safrizal, hasil pengujian yang dikeluarkan Laboratorium Lingkungan DLH Kabupaten Pidie diakui secara nasional bahkan internasional.

“Ruang lingkup akreditasi yang kami peroleh mencakup pengujian air sungai dan air limbah, untuk parameter suhu, pH, DHL, TDS, TSS, COD, BOD, DO, sulfat, klorida dan minyak lemak,” kata Kadis LHK Pidie Safrizal melalui pres rilis yang diterima AJNN, Senin (24/8).

Kedepan, sambung Safrizal, pihaknya akan memperluas setidaknya 10 parameter tambahan. Saat ini Laboratorium Lingkungan DLH Kabupaten Pidie juga memiliki kemampuan melaksanakan pengambilan sampel dan pengujian untuk 30 parameter kualitas lingkungan baik air dan udara.

Sementara Bupati Pidie Roni Ahmad (Abusyik) menyampaikan apresiasi atas keberhasilan DLH setempat memperoleh akreditasi dari KAN ini. Menurutnya, peranan laboratorium lingkungan sangat urgen dalam rangka mendukung tugas pemerintah dalam pengelolaan lingkungan hidup, termasuk menyediakan data lingkungan yang valid.

“Mudah-mudahan setelah meraih kreditasi ini, peran Laboratorium Lingkungan DLH setempat dapat terus mendukung tugas pemerintah dalam pengelolaan lingkungan hidup termasuk menyediakan data lingkungan yang valid di Kabupaten Pidie,” kata Abusyik.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...