Unduh Aplikasi

Kutipan tambahan di MTsN1 Takengon menuai protes

Kutipan tambahan di MTsN1 Takengon menuai protes
Wpid kta lsm anak bangsa sejahtera
ACEH TENGAH- Pengutipan tambahan biaya pendidikan di sekolah MTsN 1 Takengon diprotes dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Anak Bangsa Takengon. Pengutipan itu dinilai jelas melanggar peraturan pemerintah (PP) republik indonesia (RI) Nomor 47 Tahun 2008 tentang wajib belajar. 

“Meski alasan untuk penunjang mutu pendidikan, tapi itu jelas melanggar PP-RI nomor 47 tahun 2008 tentang wajib belajar” ujar Ketua LSM Anak Bangsa Takengon Sejahtera. 

Meski jumlah yang ditentukan tidak terlalu tinggi lanjutnya, namun pengutipan tambahan yang dilakukan pihak sekolah MTsN 1 Takengon jelas memberatkan sebagian wali murid yang pendapatan di bawah rata-rata. 

“Di Aceh Tengah masih di dominasi masyarakat miskin, jadi ini tentu memberatkan mereka” kata sejahtera. 

Tindakan pengutipan tambahan itu lanjutnya, perlu diklarifikasi lebih lanjut oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Aceh Tengah, untuk meluruskan penggunaan dan alasan pengutipan itu. 

“Kemenag jangan hanya tinggal diam dengan adanya pengutipan itu, kemenag harus tinjau betul menyangkut hal ini” sebutnya.

Sebagaimana diketahui, pemerintah kabupaten Aceh Tengah, telah mengalokasikan 34% dana dari keseluruhan Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) untuk sektor pendidikan di kabupaten Aceh Tengah.

Hal ini dilakukan agar menambah anggaran dan memenuhi segala bentuk keperluan pendidikan dan menghindari adanya pengutipan tambahan dari wali murid. 

NUSI


Komentar

Loading...