Unduh Aplikasi

Kutib Sumbangan Bawa Nama Dayah, Pemuda Aceh Timur Dibekuk Polisi

Kutib Sumbangan Bawa Nama Dayah, Pemuda Aceh Timur Dibekuk Polisi
Ilustrasi. Foto: Net

LHOKSEUMAWE - Pemuda asal Aceh Timur berinisial J (25) warga Gampong Selamat Timur, Kecamatan Peurlak, Kabupaten Aceh Timur, dibekuk aparat Kepolisian Polres Aceh Utara, karena terlibat kasus penipuan modus mengutip sumbangan untuk Dayah Bustanul Hidayahtillah.

“Jadi awalnya pelaku datang ke Meunasah Trieng, Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, karena mencurigakan warga setempat mengamankan pelaku,” kata Kapolres Aceh Utara AKBP Tri Hadiyanto melalui Kapolsek Cot Girek Ipda Suherman, Senin (5/10).

Sambungnya, warga menangkap pelaku karena polanya dalam mengutip sumbangan dan tingkah yang mencurigakan, pelaku membawa sejumlah amplop bertuliskan Dayah Bustanul Hidayahtillah.

“Saat masyarakat mengecek ke dayah tersebut, mereka membantah bahwa sudah mengizinkan meminta sumbangan dana dengan menggunakan nama dayah,” tuturnya.

Kapolsek menambahkan, dari pengakuan pelaku, sumbangan yang sudah terkumpul Rp9 juta lebih itu digunakan untuk kepentingan pribadi seluruhnya. Bahkan pelaku sudah pernah terlibat dalam kasus yang sama pada bulan juni 2020 bertempat di Polsek Ranto Panyang Peurlak Aceh Timur.

“Sebelumnya telah didamaikan dengan pimpinan dayah tersebut agar tidak mengulangi perbuatan yang sama, selanjutnya pelaku dilaporkan ke Polsek Cot Girek atas kasus penipuan menggunakan nama dayah untuk mencari uang dan digunakan untuk kepentingan pribadi,” ungkapnya.

Komentar

Loading...