Unduh Aplikasi

Kurikulum 2013, guru harus menguasai IT

Kurikulum 2013, guru harus menguasai IT
Wpid images
PIDIE JAYA- Penerapan Kurikulum 2013 yang telah diberlakukan selama dua tahun ini di akui sebagian guru di Pidie Jaya mudah dalam melaksanakan tugasnya dalam mengajar. Sebab di kurikulum 2013 ini siswa dituntut lebih aktif dalam dalam belajar dan semua guru harus mengunakan IT.

Seperti kata Bakhtiar, SH,I , salah satu guru yang mengajar di SMAN 1 Bandar Baru, Pidie Jaya kepada AJNN, Rabu (15/10). Dia mengatakankan, SMAN 1 Bandar Baru sebagai sekolah pilot project yang telah menerapkan kurikulum 2013 selama dua tahun ini.

"Alhamdulillah, setelah kami pelajari dari pelatihan tentang kurikulum 2013 dan kami praktikan ternyata siswa lebih menyukai proses belajar dengam kurikulum 2013 ini," kata Bakhtiar yang mengajar mata pelajaran PPKN.

Dia menjelaskan, saat pertama penerapan kurikulum 2013 tersebut, jangankan siswa guru sendiri pun bingung bagaimana mengaplikasikannya kepada siswa. Setelah dirinya mengikuti pelatihan dan saat mengaplikasikannya di kelas ternyata dirinya sebagai guru mudah dalam menjalankan tugasnya.

"Kurikulum 2013  ini  dituntut siswa untuk lebih aktif. Pertama siswa mengamati dulu apa yang dijelaskan guru, kemudian bertanya, menganalisa dan selanjutnya mengkomunikasikan. Sedanhkan guru hanya sebagai fasilitator," jelasnya.

Ditanyai apa kelemahan dari kurikulum 2013 tersebut, Bakhtiar menyebutkan bahwa, dalam kurikulum 2013, guru di tuntut untuk  dapat menguasai IT. Dikarenakan masih banyak guru yang belum mengerti IT, menurutnya itu satu kelemahan kurikulum 2013.

"Dalam setiap mata pelajaran guru dituntut untuk menggunakan IT. Banyak guru yang belum mengerti menggunakan IT, sehingga menghabiskan jam pelajaran hanya dalam pemasangan alat saja. Beda dengan guru yang muda muda," sebutnya

IKHSAN PM

Komentar

Loading...