Unduh Aplikasi

Kuping Blong Knalpot Bolong

Kuping Blong Knalpot Bolong
Ilustrasi: gridoto.

PERANG terhadap knalpot bolong yang dilakukan oleh kepolisian di Aceh sangat melegakan. Minimal, hal ini akan menekan perilaku para pengendara yang kerap mengabaikan kenyamanan orang lain saat berkendara di jalan umum atau di gang-gang sempit. 

Di Aceh Barat, misalnya, Kepolisian Resor Aceh Barat menjaring sebanyak 15 unit sepeda motor yang menggunakan knalpot bolong. Sanksi yang dijatuhkan beragam, mulai dari peringatan hingga denda hingga jutaan rupiah. 

Di daerah lain, seperti Banda Aceh, kepolisian juga melakukan hal yang sama. Tentu saja membersihkan knalpot bolong dari jalan tidak semudah yang disangka banyak orang. Karena memang pelakunya sangat banyak dan merata; dari berbagai kalangan usia dan profesi. 

Pengguna knalpot itu dapat dikategorikan sebagai pengidap penyakit jiwa. Mereka adalah orang-orang maniak yang menganggap diri mereka hebat sedangkan orang lain hanya sekadar penonton. Mereka menjadikan diri sebagai pusat perhatian, meski pandangan kepada mereka bukan sorot mata kagum.

Namun bagi orang-orang berotak “uang”, ini adalah bisnis yang menggiurkan. Bahkan tak jarang ada oknum anggota kepolisian atau militer yang menginvestasikan uang mereka ke sebuah toko untuk menyediakan knalpot bolong. 

Tentu bukan perkara mudah untuk merazia toko-toko penyedia knalpot bolong. Sama sulitnya dengan mencegah para peminat untuk memesan knalpot dari toko online yang menjual knalpot bolong seperti kacang rebus. 

Karena itu, kepolisian jangan hanya bertindak di saat-saat tertentu saja. Penangkapan terhadap pengguna knalpot bolong ini harus dilakukan terus menerus sehingga tak ada lagi para pengguna sepeda motor, termasuk mobil, menggunakan knalpot yang memekakkan telinga. Tanpa penegakan hukum terus menerus, razia knalpot bolong tak akan mengubah perilaku pengguna kendaraan bermotor. 

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...