Unduh Aplikasi

Kupas Kulit Jengkol, Warga Aceh Utara Kais Rezeki Puluhan Ribu Per Hari

Kupas Kulit Jengkol, Warga Aceh Utara Kais Rezeki Puluhan Ribu Per Hari
Warga mengupas kulit jengkol di Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara. Foto: Sarina

ACEH UTARA – Puluhan warga di perdalaman Kabupaten Aceh Utara, tepatnya di Gampong Blang Jrat, Kecamatan Nisam Antara memenuhi kebutuhan hidupnya dengan mengupas kulit jengkol milik seorang pengusaha setempat. Upah yang diperoleh sebesar Rp 600 per kilogram.

Salah seorang warga, Rasyidah mengaku dalam sehari mampu memperoleh rezeki hingga Rp 50 ribu per hari. Uang itu, dipergunakan untuk membantu ekonomi keluarga mereka dalam memenuhi kebutuhan keluarga dan pendidikan anak-anak mereka yang masih bersekolah.

“Dalam sehari kadang-kadang sampai sepuluh kilogram dan mendapatkan upah Rp 50 ribu,” kata Rasyidah kepada AJNN, Kamis (28/9).

Sementara itu, pemilik usaha jengkol Mulyadi mengatakan, dirinya sudah lima tahun membuka usaha itu, selain sebagai usaha pribadinya, juga untuk menciptakan lapangan kerja kepada warga sekitar yang ekonominya menengah ke bawah, sehingga mereka bisa bekerja dengan gaji upahan ditempatnya.

“Kurang lebih ada 60 orang warga yang bekerja, rata-rata semua ibu-ibu yang berdomisili di gampong ini,” ungkapnya.

Sambungnya, jengkol-jengkol tersebut di pasok dari kawasan Kutacane, Meulaboh, Pulau Weh, Buloh Blang Ara dan juga Kecamatan Nisam Antara. Jengkol itu dikirim ke Kota Jakarta, sekali pengiriman setiap dalam dua hari sekali mencapai tujuh hingga delapan ton, dengan keuntungan mencapai Rp 300 juta.

“Harga jengkol sekarang juga lagi tinggi, kalau masih berkulit Rp 14 ribu per kilogram, kalau sudah dibersihkan kulitnya Rp 32 ribu perkilogram, sementara kalau di Jakarta harganya bisa mencapai Rp 45 ribu per kilogram,” pungkasnya.

Komentar

Loading...