Unduh Aplikasi

SIDANG KASUS PENYEBAR VIDEO MA'RUF AMIN

Kuasa Hukum: PN Lhokseumawe Tak Berwenang Tangani Perkara Ini

Kuasa Hukum: PN Lhokseumawe Tak Berwenang Tangani Perkara Ini
Sidang Eksepsi Penyebar Video Ma’ruf. Foto: AJNN.Net/Sarina

LHOKSEUMAWE – Pengadilan Negeri Lhokseumawe kembali menggelar sidang ke dua perkara kasus penyebaran video Maruf Amin menggunakan baju Santa Claus yang dilakukan oleh terdakwa Tgk Safwan bin Muhammad Dahlan (Alm).

Sidang dilaksanakan di Ruang Sidang Garuda, Pengadilan Negeri Lhokseumawe dimulai sekitar pukul 11.30 WIB. Diketuai oleh Hakim Ketua, Estiono dan dua hakim anggota yakni, Azhari dan Sulaiman.

Pantauan AJNN, sidang dengan agenda pembacaan eksepsi dari penasehat hukum terdakwa tersebut terlihat lebih sepi dari pada sidang sebelumnya yang dipenuhi oleh sejumlah mahasiswa.

“Jadi hari ini merupakan agenda eksepsi, yakni pernyataan keberatan dari penasehat hukum terhadap dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) ,” kata Kuasa Hukum terdakwa, Armia usai sidang berlangsung, Senin (1/3).

Sambungnya, dalam eksepsi itu pihaknya menyanggah kewenangan dari Pengadilan Negeri Lhokseumawe. Menurut mereka, PN Lhokseumawe tidak berwewenang memeriksa perkara tersebut. Karena terdakwa ini berada di wilayah hukum Kantor Pengadilan Aceh Utara.

“Menurut kami, mereka tidak berwewenang memeriksa perkara ini. Karena harusnya ini ke Pengadilan Lhoksukon bukan Lhokseumawe. Apalagi saksi setelah kita cek semuanya berada di luar wilayah hukum Lhokseumawe,” ungkapnya.

Sambungnya lagi, menyangkut dengan perkara ini, seharusnya yang diajukan delik aduan, artinya pencemaran nama baik yang ditujukan itu terhadap pribadi Ma’ruf Amin.

“Disini, Ma’ruf Amin jangankan dipanggil untuk dimintai keterangan, melaporkannya saja tidak pernah, ini terkesan sangat dipaksakan,” ungkapnya.

Menurut penasehat hukum terdakwa, dari awal pintu masuk sudah salah, kemudian mengenai dakwaan yang disusun JPU dan dakwaan alternatifnya ada keragu-raguan dari pihak Jaksa Penuntut Umum tersebut.

“Mereka ragu dan tidak yakin delik mana yang diajukan. Maka kita bantah semua dakwaan. Selain itu kita ajukan lagi penangguhan penahanan, karena terdakwa sudah lama berada di tahanan ada baiknya ditangguhkan saja,” imbuhnya.

Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Aceh Barat
iPustakaAceh
Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...