Unduh Aplikasi

Kuala PPI Pante Raja Dangkal, Nelayan Sulit Melaut

Kuala PPI Pante Raja Dangkal, Nelayan Sulit Melaut
Kondisi di bibir kuala Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Kecamatan Pante Raja. Foto: Muksal Mina
PIDIE JAYA - Nelayan Kecamatan Pante Raja, Kabupaten Pidie Jaya sangat membutuhkan pembangunan Jetty (pemecah ombak) untuk mengatasi dangkalnya Kuala Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) di kecamatan tersebut.

"Kalau nelayan mau melaut untuk menangkap ikan, nelayan disini harus menunggu air pasang dulu karena kualanya sangat dangkal. Kami sangat mengharapkan perhatian dari pemerintah," kata Usman (55), panglima laut di PPI Pante Raja kepada AJNN, Kamis (25/8).

Pantauan AJNN di lokasi, tampak terlihat sangat jelas dangkal di bibir kuala itu, bahkan satu unit kapal nelayan tipe GT-7 kandas di bibir kuala akibat dangkalnya kuala tersebut.

Usman atau yang biasa disapa Abu Laot itu juga mengatakan kalau pengerukan dengan eskavator (beko) sudah pernah dilakukan, tapi tidak sampai tiga bulan sudah terlihat dangkal kembali.

Dirinya bersama seluruh masyarakat Pante Raja khususnya dan Pidie Jaya umumnya, mengharapkan pembangunan jetty di kuala PPI itu demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

"Insyaallah kalau pemecah ombaknya sudah ada serta tidak dangkal lagi, maka pendapatan masyarakat di Pante Raja dan sekitarnya akan membaik, karena jika hendak menangkap ikan tidak mesti menunggu air pasang lagi," jelasnya.

Komentar

Loading...