Unduh Aplikasi

KUA-PPAS Baru Diserahkan ke DPRK, Pengesahan RAPBK Pidie Terancam Molor

KUA-PPAS Baru Diserahkan ke DPRK, Pengesahan RAPBK Pidie Terancam Molor
Ilustrasi. Foto: Net

PIDIE - Pemerintah Kabupaten Pidie baru mengajukan draf KUA-PPAS tahun 2020 kepada DPRK setempat untuk dibahas dan disepakati bersama. Sementara batas waktu pembahasan anggaran untuk disetujui bersama terhadap rancangan APBK Pidie tahun 2020 pada 30 November 2019.

Imbasnya, jika pengesahan Rancangan APBK tidak tepat waktu maka harapan Pemerintah Kabupaten Pidie untuk mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) dari pemerintah pusat akan pupus.

Kepala Bappeda Pidie, Muhammad Ridha S.Sos M.Si dikonfiramsi AJNN, Selasa (25/11) mengatakan, kalau dilihat dari batas memang tidak mungkin terkejar lagi untuk pengesahan rancangan APBK Pidie tahun 2020 sampai batas akhir waktu 30 November.

Menurutnya, dasar penyusunan Rancangan ABPK adalah dengan disepakatinya lebih dahulu KUA-PPAS terutama PPAS karena itu merupakan dasar dalam penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Sebelum KUA-PPAS disepakati maka belum bisa menyusun Rancangan APBK. Jadi dilihat secara waktu pengesahan Rancangan APBK Pidie 2020 maka inspossible (mustahil) bisa selesai akhir November ini," ujarnya.

Meski pengesahan Rancangan APBK Pidie tahun 2020 tidak bisa memenuhi hingga target waktu yang telah ditetapkan dalam aturan Pedoman umum (Pedum) tentang penyusunan APBD tahun 2020. Namun Pemerintah Pidie menargetkan pengesahannya tidak melewati Desember.

"Mudah-mudahan tidak melampaui Desember ini pengesahannya," kata Muhmmad Ridha.

Terkait DID, Muhmmad Ridha mangatakan, kecil peluang untuk mendapat DID dari pemerintah pusat karena kunci utama adalah pengesahan anggaran harus tepat waktu. Namun sebenarnya dari sisi waktu memang tidak sesuai jadwal namun ada hal lain yang harus dibenahi menyangkut data, pra syarat lainya untuk memperoleh DID.

"Sama saja kalau sesuai jadwal tetapi pra syarat untuk mendapat DID belum benahi, dan target kita tahun 2020 Kabupaten Pidie harus berbenah dari sisi data," cetusnya.

Komentar

Loading...