Unduh Aplikasi

Krueng Saweuk, Destinasi Wisata Baru Pedalaman Aceh Utara

Krueng Saweuk, Destinasi Wisata Baru Pedalaman Aceh Utara
Foto: AJNN/Sarina

ACEH UTARA – Krueng Saweuk, di Gampong Saweuk, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, kini disulap menjadi lokasi wisata yang ramai diminati pengunjung.

Siapa sangka, meskipun berada jarak dari Pusat Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara, objek wisata di pedalaman tersebut diminati oleh ribuan wisatawan untuk mandi serta berswafoto dengan keluarga, kerabat, teman dan pasangan mereka.

Untuk memasuki lokasi wisata itu, pengunjung hanya merogoh kocek Rp3 ribu saja untuk biaya parkir. Setelah itu, wisatawan bisa menikmati suasana alam yang masih asri, hijau, sejuk dan bermain serta mandi dengan air yang dingin.

Wisata ini, mulai dikenal oleh masyarakat daerah luar sejak awal tahun 2020 lalu, aliran air sungai dari pegunungan itu, mampu memanjakan diri pengunjung. Dilokasi itu juga terdapat sejumlah pedagang jajanan, seperti makanan dan minuman.

Keuchik Gampong Saweuk, Anwar mengatakan, pembangunan wisata itu sudah diwacanakan sejak tahun 2018, namun baru terlaksana dari hasil rapat bersama perangkat gampong dan masyarakat pada tahun 2019.

“Awalnya hasil rapat, wisata ini akan dibuat seperti waterboom, namun karena masih terkendala anggaran maka ditunda dulu,” kata Anwar kepada AJNN, Minggu (23/8).

Dikatakan Anwar, objek wisata itu dibangun menggunakan dana desa, dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) gampong tersebut, serta meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Dengan adanya wisata ini, masyarakat Gampong Saweuk bisa berjualan, dan pemuda setempat juga memiliki pekerjaan, karena ini dikelola oleh warga dalam tidak dibolehkan masyarakat daerah luar berjualan disini. Karena pembangunan ini khusus mensejahterakan warga Gampong Saweuk,” ujarnya.

Anwar menambahkan, dinas terkait dari Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, juga sudah meninjau lokasiwisata yang ada di pedalaman itu. Namun Anwar berharap ke depan bisa didukung untuk mengembangkan destinasi wisata di desa itu, untuk mensejahterkan masyarakat setempat.

“Alhamdulillah pengunjung ramai, bahkan sampai 500 hingga ribuan orang ketika memasuki hari-hari libur, pengunjung sendiri berasal dari berbagai daerah,” jelasnya.

Anwar berharap, dengan hadirnya objek wisata itu, bisa memajukan Gampong Saweuk, dan meningkatkan pendapatan ekonomi penduduk setempat.

 

Komentar

Loading...